Pengaruh pembelajaran melalui youtube terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran estimasi biaya SMKN 3 Bondowoso / Lailatus Shofiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran melalui youtube terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran estimasi biaya SMKN 3 Bondowoso / Lailatus Shofiyah

Shofiyah, Lailatus (2022) Pengaruh pembelajaran melalui youtube terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran estimasi biaya SMKN 3 Bondowoso / Lailatus Shofiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shofiyah Lailatus. 2022. Pengaruh Pembelajaran Melalui Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Estimasi Biaya SMKN 3 Bondowoso. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Kuncoro ST. M.Pd. (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata Kunci Pengaruh pembelajaran Youtube Hasil belajar Pembelajaran jarak jauh menimbulkan beberapa permasalahan dan membuat peserta didik semakin pasif dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran menjadi kurang menyenangkan dan waktu yang digunakan dalam proses belajar mengajar menjadi berkurang sehingga pembelajaran kurang efektif dan kurang inovatif. Pada data yang diperoleh dari DPIB SMKN 3 Bondowoso menunjukkan hasil belajar peserta didik untuk ulangan harian mata pelajaran estimasi biaya konstruksi sebesar 65% dibawah KKM yaitu dengan skor 80 dan ada beberapa peserta didik yang tidak mengumpulkan tugas tepat waktu. Dan berdasarkan analisa kebutuhan yang telah dilaksanakan oleh peneliti menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Oleh karena itu peneliti memilih media pembelajaran youtube untuk diujikan dan digunakan dalam pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran peserta didik kelas XI DPIB di SMKN 3 Bondowoso. Jenis penelitian ini menggunakan inferensial untuk mengukur pengaruh hasil belajar setelah diberikan perlakuan pembelajaran melalui youtube dengan jumlah subjek penelitian 44 peserta didik dengan teknik pengambilan subjek menggunakan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experimental Desigh (eksperimental semu) yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pre ndash test dilakukan pada awal penelitian untuk mengetahui hasil awal belajar siswa setelah itu melakukan post ndash test untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu dengan uji statistik dalam menganalisis data. Instrumen penelitian ini dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal pilihan ganda dan uraian dengan uji analisis instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas teknik analisa data menggunakan nilai rata ndash rata uji normalitas uji homogen uji kesamaan dua rata ndash rata dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh pada kemampuan akhir siswa yang telah dilakukan untuk kelas eksperimen (youtube) mendapatkan nilai rata ndash rata 86 86 untuk kelas kontrol mendapatkan nilai rata ndash rata 76 68. Hasil hipotesis yang telah dilakukan menggunakan independent sample t ndash test dan terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil belajar setelah diberikan perlakuan media pembelajaran konvensional dan pembelajaran youtube pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi pada siswa kelas XI DPIB SMKN 3 Bondowoso.hasil penerapan metode pembelajaran ini terdapat hasil belajar dengan nilai rata ndash rata yang layak digunakan dan inovasi dalam hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279429

Actions (login required)

View Item View Item