Pengembangan modul pembelajaran dasar modelling 3d berbasis aplikasi coohom untuk mata pelajaran aplpig / Alvian Fachrul Falah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran dasar modelling 3d berbasis aplikasi coohom untuk mata pelajaran aplpig / Alvian Fachrul Falah

Falah, Alvian Fachrul (2022) Pengembangan modul pembelajaran dasar modelling 3d berbasis aplikasi coohom untuk mata pelajaran aplpig / Alvian Fachrul Falah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pembelajaran mata pelajaran APLPIG orientasi pembelajaran adalah pada tingkat pemahaman siswa pada teori dan praktik penggunaan aplikasi pendukung untuk representasi hasil gambar dalam bentuk visual 3D. Dalam upaya tercapainya hal tersebut penggunaan media dan bahan ajar yang tepat adalah kunci keberhasilan pembelajaran mata pelajaran APLPIG. Berdasarkan hal tersebut dilakukan pengembangan modul dasar-dasar modelling pada aplikasi coohom untuk mempermudah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul dasar-dasar modelling pada aplikasi coohom untuk mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung (2) menguji kevalidan produk bahan ajar modul hasil pengembangan. Penelitian ini berupa pengembangan menggunakan model Sugiyono (2009) yang disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu pengumpulan data desain produk validasi produk revisi produk dan uji coba produk. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Produk divalidasi oleh seorang ahli media yaitu dosen Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang seorang ahli materi yaitu guru SMK Negeri 1 Singosari yang mengampu mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung dan 10 orang siswa kelas XI SMK Negeri 1 Singosari Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi dan kuesioner. Didapatkan hasil dari pengembangan yaitu (1) hasil validasi materi dengan kategori sangat valid ditunjukkan pada aspek kelayakan isi sebesar 90 00% dan untuk aspek kelayakan penyajian adalah 90 63% (2) hasil validasi media dengan kategori sangat valid terlihat pada aspek desain modul adalah sebesar 95 00% aspek kemudahan penggunaan adalah sebesar 91 66% dan aspek kebahasaan modul adalah sebesar 100% (3) hasil responden siswa terhadap penggunaan produk dengan kategori sangat valid ditunjukkan pada aspek materi adalah sebesar 94 16% aspek media adalah sebesar 92 50% dan aspek bahasa adalah sebesar 88 34%. Berdasarkan hasil penelitian maka modul dasar-dasar modelling pada aplikasi coohom dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas XI Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279428

Actions (login required)

View Item View Item