Pengembangan bahan ajar e-module berbasis canva pada mata pelajaran mekanika teknik Kelas X di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Prabu Sakti Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar e-module berbasis canva pada mata pelajaran mekanika teknik Kelas X di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Prabu Sakti Wardana

Wardana, Prabu Sakti (2022) Pengembangan bahan ajar e-module berbasis canva pada mata pelajaran mekanika teknik Kelas X di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Prabu Sakti Wardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wardana Prabu Sakti. 2022. Pengembangan Bahan Ajar E-Module Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. Machmud Sugandi M.T. Pembimbing (II) Drs. Made Wena M.Pd M.T. Kata Kunci E-Module canva Mekanika Teknik Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan media belajar canva pada materi pelajaran Mekanika Teknik. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan metode ADDIE dengan tahapan analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Instrumen dalam pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini berupa angket respon siswa dan lembar validasi. Data diperoleh dengan melakukan validasi materi yang dilakukan oleh guru validasi ahli media yang dilakukan oleh dosen serta melihat angket respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan dengan melakukan serangkaian uji coba kevalidan. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskripsi kuantitatif. Hasil dari validasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran dikatakan layak (sangat baik) dengan persentase 90%. kemudian dilakukan validasi rata-rata ahli materi dan menunjukkan bahan pembelajaran sangat valid dengan persentase rata-rata 82%. hasil dari rata-rata hasil dari persentase ahli media dan ahli materi menghasilkan nilai 86 %. Berdasarkan hasil validasi dari guru para ahli media dan materi serta respon siswa di dalam kuisioner diperoleh produk bahan ajar dengan media pembelajaran menggunakan aplikasi canva pada materi Mekanika Teknik dengan kategori sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279426

Actions (login required)

View Item View Item