Pengembangan mobile learning menggunakan articulate storyline 3 pada siswa Kelas xii BKP mata pelajaran estimasi biaya konstruksi di SMKN 2 Pamekasan Kabupaten Pamekasan / Aryana Hakama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning menggunakan articulate storyline 3 pada siswa Kelas xii BKP mata pelajaran estimasi biaya konstruksi di SMKN 2 Pamekasan Kabupaten Pamekasan / Aryana Hakama

Hakama, Aryana (2022) Pengembangan mobile learning menggunakan articulate storyline 3 pada siswa Kelas xii BKP mata pelajaran estimasi biaya konstruksi di SMKN 2 Pamekasan Kabupaten Pamekasan / Aryana Hakama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hakama Aryana. 2021.Pengembangan Mobile Learning Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas XII BKP Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Di SMKN 2 Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Isnandar M.T (II) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd Kata Kunci mobile learning articulate storyline 3 estimasi biaya konstruksi Kurangnya motivasi belajar dari siswa mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi kelas XII BKP di SMKN 2 Pamekasan karena tidak memanfaatkan mobile learning secara optimal. Mereka hanya menggunakan buku fotocopy dan metode pembelajarannya ceramah. Hal ini berdampak pada siswa yang terlihat jenuh dan kurang memperhatikan kegiatan pembelajaran saat berlangsung. Berdasarkan permasalahan tersebut dibuatlah mobile learning mobile learning menggunakan Articulate Storyline 3 untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil pengembangan mobile learning menggunakan software articulate storyline 3 mata pelajaran EBK kelas XII BKP di SMKN 2 Pamekasan mengetahui kelayakan mobile learning menggunakan software articulate storyline 3 untuk mata pelajaran EBK kelas XII BKP di SMKN 2 Pamekasan dan mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa kelas XII BKP mata pelajaran EBK setelah memakai software articulate storyline 3. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R amp D) menggunakan langkah-langkah penelitian menurut Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 7 langkah meliputi potensi dan masalah pengumpulan data awal desain produk validasi produk revisi desain uji produk pemakaian dan revisi produk akhir. Hasil yang ditunjukkan pada penelitian dan pengembangan mobile learning menggunakan Articulate Storyline 3 berupa mobile learning dapat dioperasikan pada smartphone dan dapat digunakan saat kondisi tanpa jaringan (offline) serta dilengkapi dengan fitur penunjang berupa media gambar suara (audio) video dan animasi. Selain itu ditunjukkan pula hasil tingkat kelayakan mobile learning menggunakan Articulate Storyline 3 sebagai berikut (1) Ahli media dengan persentase sebesar 88% dengan kategori layak (2) Ahli materi dengan persentase sebesar 81% dengan kategori layak. Penelitian dan pengembangan ini juga menunjukkan hasil analisis uji t-test dengan hasil sig le 0 05 dimana hasil tersebut menunjukan adanya peningkatan terhadap motivasi belajar siswa sebelum menggunakan mobile learning dengan sesudah menggunakan mobile learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279425

Actions (login required)

View Item View Item