Pengembangan modul pembelajaran berbasis berfikir kreatif untuk pembelajaran kewirausahaan jasa konstruksi desain permodelan inovasi bangunan SMKN 1 Singosari. / Masfernanda Aditia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran berbasis berfikir kreatif untuk pembelajaran kewirausahaan jasa konstruksi desain permodelan inovasi bangunan SMKN 1 Singosari. / Masfernanda Aditia

Aditia, Masfernanda (2022) Pengembangan modul pembelajaran berbasis berfikir kreatif untuk pembelajaran kewirausahaan jasa konstruksi desain permodelan inovasi bangunan SMKN 1 Singosari. / Masfernanda Aditia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Bangsa yang unggul dalam segi sikap dan tercipta melalui pendidikan. Hal tersebut sejalan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional sehingga bermacam mata pelajaran telah bertujuan yakni munculnya para ilmuwan yang bisa memwujudkan adanya perubahan kualitas pendidikan kepada arah yang lebih baik. Suatu pendidikan yang berkualitas memiliki ciri-ciri yakni pembelajaran yang efektif serta efisien melalui bermacam elemen pembelajaran semisal bahan metode serta media pembelajaran. Akan tetapi guru sering menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa mengalami kejenuhan. Siswa membutuhkan suatu media pembelajaran yang membuat siswa tersebut semakin aktif dan mengerti mengenai materi yang disampaikan dalam hal ini adalah modul. Penelitian ini menggunakan metode R amp D yang digunakan untuk menghasilkan modul tertentu dan menguji keefektifan modul tersebut. Langkah-langkah yang ditempuh dalam membuat modul pembelajaran berbasis kompetensi berfikir kreatif untuk pembelajaran kewirausahaan jasa kontruksi DPIB Kelas XI di SMKN 1 Singosari ini meliputi (1) Dilaksanakannya pengkajian keperluan (2) Mempersiapakan untuk perencanaan pengembangan yang hendak dilaksanakan (3) menghimpun bermacam bahan bahan (4) Melaksanakan penataan desain modul awal (5) Mengoptimalkan produk awal (6) Validasi yang dilaksanakan dari ahli materi serta media (7) Melaksanakan uji coba kepada kelompok kecil (8) Melaksanakan pengujian coba kepada kelompok besar (9) Mendapatkan produk akhir dan (10) Implementasi. Hasil dari validasi ahli materi ditinjau dari aspek isi materi dan strategi pembelajran menunjukkan hasil ldquo baik rdquo dan ldquo sangat baik. Hasil dari evaluasi ahli media yang terkait dengan aspek komunikasi mengemukakan hasil ldquo Baik rdquo serta ldquo Sangat Baik rdquo . Hasil dari uji coba kelompok kecil mengemukakan hasil ldquo Kurang rdquo ldquo Baik rdquo serta ldquo Sangat Baik rdquo . Hasil dari uji coba kelompok besar mengemukakan hasil ldquo Sangat Kurang rdquo ldquo Kurang rdquo ldquo Baik rdquo serta ldquo Sangat Baik rdquo . Produk akhir berupa modul yang siap diimplementasikan. Hasil nilai pretest dan postest siswa menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan efektif digunakan serta dapat meningkatkan hasil tes formatif peserta didik pada mata pelajaran kewirausahaan. Hasil nilai Sig (0 363) gt prop (0 05) dengan demikian bisa disimpulkan bahwasanya korelasi nilai peserta didik setelah memakai modul dengan nilai siswa pasca memakai modul sangat lemah yakni 0 172 serta tidak terdapat peningkatan. Sementara itu Uji signifikansi dengan menerapkan uji t mengemukakan hasil uji t diperoleh t hitung (-5 887) gt 5 887 (nilai mutlak) dengan nilai signifikansi Sig (2-tailed) (0 000) lt prop (0 05) yang dapat dipaahami bahwasanya modul yang dikembangkan efektif untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279423

Actions (login required)

View Item View Item