Pemilihan moda transportasi menuju pusat perbelanjaan pada pengunjung Pasar Besar Malang / Nawang Lintang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemilihan moda transportasi menuju pusat perbelanjaan pada pengunjung Pasar Besar Malang / Nawang Lintang

Lintang, Nawang (2022) Pemilihan moda transportasi menuju pusat perbelanjaan pada pengunjung Pasar Besar Malang / Nawang Lintang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kawasan Malang Raya merupakan wilayah gabungan dari Kota Malang Kabupaten Malang dan Kota Batu yang berada di Provinsi Jawa Timur di Kota Malang terdapat pusat kegiatan perekonomian yaitu kawasan Pusat Perbelanjaan Pasar Besar Malang yang memiliki tarikan pergerakan cukup besar dan menyebabkan intensitas penggunaan moda transportasi meningkat. Penggunaan moda transportasi pribadi yang meningkat menyebabkan munculnya masalah yaitu penyempitan ruas jalan polusi udara kurangnya lahan parkir dan kemacetan yang terjadi di jalan sekitar Pasar Besar Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pengunjung Pasar Besar Malang. Mendapatkan model pemilihan moda transportasi pengunjung Pasar Besar Malang. Dengan diketahui karakteristik pengujung dan mendapatkan model serta probabilitas pemilihan moda transportasi diharapkan dapat dilakukan upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan transportasi umum. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap tahap pertama yaitu melakukan identifikasi masalah yang kemudian dilakukan penyusunan kuesioner dan melakukan uji validitas dan reliabilitas pada kuesioner. Setelah dilakukan pengujian kuesioner disebarkan kepada pengunjung Pasar Besar Malang untuk dilakukan pengumpulan data. Data yang telah diperoleh akan dianalisa menggunakan regresi logistik biner untuk mendapatkan model pemilihan moda transportasi pengunjung Pasar Besar Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pengunjung berjenis kelamin laki-laki berusia 15-30 tahun berstatus belum menikah mempunyai jumlah anggota keluarga le 3 orang rata-rata penghasilan kurang dari 5 juta rupiah. Pengunjung kebanyakan tidak memiliki SIM meski memiliki moda transportasi pribadi. Angkutan umum mudah ditemui kenyamanan keamanan dan ketepatan waktu angkutan umum sudah baik serta fasilitas parkir yang tersedia di Pasar Besar sudah memenuhi kebutuhan pengunjung. Kebanyakan pengunjung menempuh jarak perjalanan lebih dari 10 km waktu perjalanan lebih dari 15 menit dan mengeluarkan biaya transportasi kurang dari 15 ribu. Moda transportasi yang banyak digunakan adalah transportasi pribadi. Maka didapatkan utilitas antara transportasi pribadi dan transportasi umum UTP-TU 1 802 2 126 (X3) 2 212 (X6) 1 788 (X7) 2 818 (X8) 1 775 (X13) dengan nilai R2 0 6 dan variabel bebas yang berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu status pernikahan (X3) kepemilikan SIM (X6) kepemilikan moda transportasi (X7) ketersediaan angkutan umum (X8) dan jarak perjalanan (X13).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279422

Actions (login required)

View Item View Item