Pengembangan multimedia interaktif berbasis autoplay studio 8 pada mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMKN 1 Turen) / Nurul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis autoplay studio 8 pada mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMKN 1 Turen) / Nurul Khasanah

Khasanah, Nurul (2015) Pengembangan multimedia interaktif berbasis autoplay studio 8 pada mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMKN 1 Turen) / Nurul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khasanah Nurul. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Autoplay Studio 8 Pada Mata Pelajaran Strategi Pemasaran Di SMK Negeri 1 Turen Kelas X Pemasaran Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si. (2) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci pengembangan multimedia interaktif berbasis Autoplay Studio 8 Media pembelajaran memegang peranan penting dalam proses pembelajaran penggunaan media pendidikan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Media pembelajaran saat ini sudah semakin beragam mulai dari alat peraga tradisional sampai dengan media pembelajar yang modern. Dengan beragam media tersebut maka suatu sistem pembelajaran dapat menghadirkan suasana menyenagkan sangat diperlukan. Oleh karena itu tidak salah jika multimedia Autoplay Studio 8 merupakan salah satu alternatif media yang dapat menjawab kebutuhan tersebut. Autoplay media studio 8 yang dikemas dalam CD yang menyajikan penjelasan dalam bentuk gambar suara video teks dan flash kedalam presentasi kompak tunggal sebagaimana pada Autoplay media studio 8 dapat dikerjakan dengan baik. Tujuan pengembangan multimedia interaktif berbasis Autoplay Studio 8 pada mata pelajaran Strategi Pemasaran mengetahui efektivitas hasil belajar dan ketertarikan siswa pada media pembelajaran dan menghasilkan produk yang berupa CD pembelajaran interaktif berbasis Autoplay Studio 8 sehingga dapat digunakan oleh siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen. Multimedia interaktif Autoplay Studio 8 yang pada mata pelajaran Strategi Pemasaran divalidasi oleh 2 ahli media 2 ahli materi dan 31 siswa kelas eksperimen sebagai pengguna media. Hasil validasi menunjukkan rata-rata validasi ahli media sebesar 88 5% (sangat valid) ahli materi sebesar 77 5% (valid) dan pengguna media sebesar 93% (sangat valid). Hasil rata-rata tingkat kelayakan media media sebesar 86 3% yang berarti sangat valid dan layak untuk digunakan. Analisis data hasil belajar siswa juga menunjukkan bahwa hasil belajar antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen benar-benar berbeda yang dapat dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol memiliki rata-rata nilai sebesar 55 81 sedangkan kelas eksperimen sebesar 87 10. Hasil analisis SPSS juga diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis Autoplay Studio 8 Mata Pelajaran Strategi Pemasaran Kompetensi Dasar Proses Perencanaan Produk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen. Multimedia interaktif Autoplay Studio 8 menghasilkan CD interaktif dan buku panduan penggunaan multimedia. Media ini dapat digunakan pada mata pelajaran lain melalui MGMP dan kelemahan pada produk yang telah dikembangan dapat dibuat lebih menarik lagi dengan dikolaborasikan menggunakan software lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27942

Actions (login required)

View Item View Item