Suharji (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis 3D untuk mata pelajaran estimasi biaya konstruksi pada kompetensi keahlian bisnis konstruksi dan properti SMKN 3 Jombang / Suharji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Suharji. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D untuk Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi pada Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 3 Jombang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T. (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Mata pelajaran estimasi biaya konstruksi merupakan mata pelajaran penting di sekolah menengah kejuruan. Pengamatan pendahuluan terhadap pembelajaran pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi terdapat kondisi bahwa 72 2% yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk berbentuk media pembelajaran berbasis 3D yang mempresentasikan rumus perhitungan volume pekerjaan serta menguji kelayakan sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R amp D) yang mengikuti model menurut Sugiyono (2013 409) yang dimodifikasi dengan langkah sebagai berikut (1) Need Assessment/analisis kebutuhan (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi Desain (6) Uji coba produk dan (7) Revisi produk. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas XI Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 3 Jombang yang berjumlah 28 peserta didik ahli materi yaitu guru pengampu mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan ahli media yaitu dosen Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis 3D dari validator Media pembelajaran berbasis 3D dinyatakan ldquo valid rdquo dan sesuai dengan KI dan KD berdasarkan hasil analis nilai rata-rata dan persentase sebesar 3 67 dan 91 67% untuk ahli media serta 3 60 dan 90 00% untuk ahli materi. Hasil uji coba perorangan dinyatakan ldquo valid rdquo disajikan berdasarkan nilai rata-rata dan persentase sebesar 3 44 dan 85 98%. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis 3D pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi diperoleh hasil yang ldquo valid rdquo untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/279419 |
Actions (login required)
View Item |