Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna infrastruktur Stasiun Kota Baru Malang / Yoppy Rizkia Karindra - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna infrastruktur Stasiun Kota Baru Malang / Yoppy Rizkia Karindra

Karindra, Yoppy Rizkia (2022) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna infrastruktur Stasiun Kota Baru Malang / Yoppy Rizkia Karindra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Transportasi kereta api merupakan moda transportasi efisiensi energi dengan tingkat keselamatan lebih tinggi dibandingkan transportasi lain. Namun dari hasil pengamatan di lapangan pada Stasiun Kota Baru Malang masih banyak sebagian penumpang di ruang tunggu sebelum boarding pass yang tidak mendapatkan tempat duduk serta masih sering penuh di jam yang saat jadwal keberangkatan padat kebersihan yang masih kurang di bagian toilet dan mushola serta pada bangunan barat bahkan kekurangan lahan parkir untuk kendaraan roda 4. Oleh karena itu perlu adanya peninjauan penyesuaian layanan yang diberikan Stasiun Kota Baru Malang seperti yang sudah diatur dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) Peraturan Menteri Perhubungan RI No 63 Tahun 2019 dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang perkeretaapian. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan karakteristik pengguna infrastruktur Stasiun Kota Baru Malang. 2) Mendeskripsikan kesesuaian layanan dan fasilitas penunjang kereta api di Stasiun Kota Baru Malang apakah telah sesuai dengan Permenhub SPM Angkutan Orang dengan Kereta Api dan atribut apa saja yang tergolong di prioritas utama. 3) Mendeskripsikan tingkat kepuasan pengguna infrastruktur Stasiun Kota Baru Malang terhadap fasilitas penunjang kereta api dan pelayanan Stasiun Kereta Kota Baru Malang menggunakan analisis IPA dan CSI. Metode penelitian ini atas beberapa tahap dimulai tahap awal dengan studi literatur dan identifikasi masalah penelitian. Kemudian memulai pengumpulan data primer dengan observasi lapangan untuk menyocokkan kriteria infrastruktur dengan SPM dan kuesioner yang disebarkan pada pengguna infrastruktur. Sebelum kuesioner disebarkan terlebih dahulu menguji reabilitas dan validitas kuesioner. Setelah didapat hasil kuesioner dilanjutkan dengan menghitung tingkat kepuasan dengan analisis IPA dan CSI kemudian dilakukan pembahasan untuk mendapat kesimpulan dan saran dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan fasilitas penunjang kereta api di Stasiun Kota Baru Malang disimpulkan sudah sesuai dengan SPM Angkutan Orang dengan Kereta Api dan UU Perkeretaapian. Didapatkan juga deskripsi karakteristik penumpang mayoritas berjenis kelamin perempuan sebanyak 52 orang mayoritas berusia 21-35 tahun sebanyak 56 orang dengan latar pendidikan terakhir SMA 47 orang pekerjaan sebagai mahasiswa sebanyak 34 orang dan mayoritas berpendapatan Rp. 500.000-Rp. 1.500.000 sebanyak 38 orang. Dari hasil analisis IPA serta CSI yang sudah dilakukan didapatkan hasil perhitungan IPA oleh responden diperoleh hasil sebesar 87 67% dimana artinya pelayanan keseluruhan yang diberikan oleh pihak stasiun menurut responden sudah sangat baik. Serta hasil perhitungan CSI yang didapat hasil akhir sebesar 72 19% yang berati para pengguna jasa ldquo puas rdquo terhadap pelayanan yang diberikan di Stasiun Kota Baru Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279415

Actions (login required)

View Item View Item