Penerapan penggunaan media quizizz dalam pelaksanaan ujian / Namira Nova - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan penggunaan media quizizz dalam pelaksanaan ujian / Namira Nova

Nova, Namira Nova (2022) Penerapan penggunaan media quizizz dalam pelaksanaan ujian / Namira Nova. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian atau evaluasi merupakan salah satu elemen dari proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru agar diketahui sejauh mana pengetahuan peserta didik tentang materi yang sudah diajarkan. Salah satu media atau alat yang dapat membantu dalam pelaksanaan ujian yaitu Aplikasi Quizizz. Kemudahan yang didapat jika menggunakan aplikasi quizizz yaitu adanya batasan waktu untuk tiap soal adanya pemeringkatan siswa tertampilkannya jawaban benar salah hasil test dapat di download dengan format excel dll. Pelaksanaan ujian di sekolah masih banyak yang melakukannya dengan media konvensional dimana guru akan memberikan kertas berisi soal ujian dan siswa mengerjakan sesuai waktu yang telah ditentukan. Ditambah pula dengan kurangnya kesadaran siswa dalam melaksanakan ujian seperti tidak mengerjakan sesuai waktu dan mencontek yang mengakibatkan siswa mendapat hasil yang kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan adanya media ujian yang mampu mengurangi aktivitas-aktivitas negatif selama pelaksanaan ujian. Pemanfaatan Quizizz untuk media ujian diharapkan dapat mengurangi aktivitas yang menghambat jalannya ujian. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperiment yang dimana penelitian ini akan melihat bagaimana perilaku siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen terhadap penggunaan media konvensiona dan quizizz. Metode dalam pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan penyebaran kuesioner kepada siswa dan guru. Lembar observasi sudah dikatakan layak oleh 2 ahli evaluasi pembelajaran dengan skor sempurna 12 point. Hasil penelitian memperlihatkan (1) saat pretest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan media ujian konvensional pada kedua kelas didapatkan hasil masih banyak siswa yang melakukan aktivitas mengurangi waktu melakukan kecurangan dan tidak dapat melihat hasil ujian (2) saat posttest terjadi perbedaan jumlah aktivitas yang dilakukan siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas kontrol yang menggunakan media ujian konvensional terlihat lebih banyak siswa yang melakukan aktivitas mengurangi waktu melakukan kecurangan dan tidak melihat hasil ujian daripada kelas eksperimen yang menggunakan media ujian Quizizz. Hasil kuesioner siswa pada penggunaan quizizz pada aspek waktu mendapatkan skor sangat baik (76%) aspek kejujuran sangat baik (71%) dan aspek hasil sangat baik (82%). Hasil kuesioner guru pada penggunaan quizizz pada aspek waktu mendapatkan skor sangat baik (100%) aspek kejujuran sangat baik (100%) dan aspek hasil sangat baik (100%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279409

Actions (login required)

View Item View Item