Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan andromo pada mata pelajaran dasar-dasar desain permodelan dan informasi bangunan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X DPIB SMKN 1 Blitar / Adityo Pratikto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan andromo pada mata pelajaran dasar-dasar desain permodelan dan informasi bangunan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X DPIB SMKN 1 Blitar / Adityo Pratikto

Pratikto, Adityo (2022) Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan andromo pada mata pelajaran dasar-dasar desain permodelan dan informasi bangunan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X DPIB SMKN 1 Blitar / Adityo Pratikto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan IPTEK serta meningkatnya pengguna smartphone yang sangat masif memberikan banyak kemudahan terhadap kehidupan manusia. media pembelajaran yang dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran juga harus beradaptasi dengan perkembangan zaman salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan smartphone. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Blitar belum memaksimalkan penggunaan smartphone dalam kegiatan pembelajaran dimana kegiatan pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran konvensional berupa Power Point yang menyebabkan siswa motivasi belajar siswa menurun sehingga mudah merasa bosan dan mengantuk ketika pembelajaran berlangsung yang bisa berdampak terhadap hasil belajar. Motivasi dan hasil belajar dapat ditingkatkan dengan menerapkan aplikasi android yang dibuat menggunakan online apps builder yaitu andromo sebagai media pembelajaran. Diharapkan motivasi serta hasil belajar siswa akan mengalami peningkatan yang signifikan akibat penerapan media ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan model quasi-experimental-design yang dilakukan terhadap 68 orang siswa kelas X DPIB yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol mendapatkan perlakuan media konvensional dan kelas eksperimen mendapat perlakuan media aplikasi android dengan andromo. Penelitian ini bertujuan menganalisis seberapa besar pengaruh yang diberikan dari penerapan aplikasi android menggunakan andromo pada motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil uji validasi materi dan media secara berturut-turut memperoleh skor sebesar 87.06% dan 82.00% dan dinyatakan valid sehingga layak digunakan. Pengukuran motivasi belajar pada kelas kontrol mendapat skor rerata sebesar 72.09 dan pada kelas eksperimen sebesar 85.76. Pengukuran hasil belajar siswa yang didapat melalui soal pretest dan posttest yang dikerjakan oleh siswa. Kelas kontrol memperoleh rerata pretest sebesar 69.56 dan posttest 77.79 yang mengalami peningkatan sebesar 8.24 atau 11.84%. Sedangkan kelas eksperimen memperoleh rerata pretest sebesar 70.44 dan posttest 86.32 yang mengalami peningkatan sebesar 15.88 atau 22.55%. Sesuai analisis dengan Uji-T didapat nilai signifikansi 0.00 lt 0.05 sehingga penerapan media pembelajaran aplikasi android-memakai andromo meningkatkan motivasi dan hasil belajar secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279408

Actions (login required)

View Item View Item