Puspita, Indah (2015) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran berbasis e-learning materi teknik-teknik promosi di SMK Negeri 1 Malang / Indah Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspita Indah. 2015. Pengembangan Multimedia InteraktifPembelajaranBerbasis E-Learning MateriTeknik-TeknikPromosi di SMK Negeri 1 Malang. Skripsi Program StudiPendidikan Tata Niaga JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika M.A. M.Si (2) Dr. AniekIndrawati S.Si. M.M. Kata Kunci Multimedia Interaktif E-Learning Articulate Storyline 2 Teknik-TeknikPromosi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Media pembelajaranmemilikiperanpentingdalammembantukegiatanpembelajaran yang dilakukanoleh guru dansiswa. Media pembelajaranadalahalatbantu yang digunakan guru dalammenyampaikanmateripembelajarankepadasiswadengantujuan agar memudahkansiswauntukmenerimamateri yang disampaikan guru. Selainitu mediapembelajarandapatdigunakansebagaisumberbelajarbagisiswa baikdalamkelasmaupunpembelajaransecaramandiri. Seiringperkembanganteknologi media pembelajaranjugamengalamiperkembangankearah digital yaitu yang biasadikenaldengan multimedia interaktif. Kegiatanpembelajarandalammenggunakan media pembelajaran multimedia interaktifdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa terutamadalampembelajaransecaramandiri. Hal inidikarenakan multimedia interaktifdidesaindenganmengombinasikanantarawarna gambar audio video karakter danteksmenjadisatukesatuan yang lebihmenarikuntukdigunakandalamkegiatanbelajarmandiri. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan yang bertujuanuntukmenghasilkansebuahproduk multimedia interaktifberupa CD interaktifdan website e-learning sebagai media belajarmandiribagisiswa yang menggunakan LMS Moodle danArticulate Storyline 2denganmateriTeknik-TeknikPromosi. PenelitianpengembanganinimengacupadametodepengembanganMultimedia Development Life Cycle (MDLC) denganenamlangkahyaituconcept design material collecting assembly testing distribution. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) ahli multimedia interaktifmenyatakanmedia yang dikembangkansangat valid/dapatdigunakan total skorsebesar 93% (2) hasilahli media pembelajaranmenyatakan media sangat valid/dapatdigunakan total skorsebesar 95% dan (3) hasilahlimaterimenyatakanmaterisangat valid/dapatdigunakan total skorsebesar 87%. Responpenggunadilakukanpadasiswakelas X di SMK Negeri 1 Malang berjumlahsepuluh orang siswadenganhasildalambentukpersentasesebesar 90.375%. Dapatdisimpulkanbahwamulmediainteraktifsangatlayakuntukdigunakansebagai media pembelajaranmandirisiswa. Pemanfaatanbagipenggunadisarankan agar (1) sebelummenggunakan media secaramandiri terlebihdahulu guru menjelaskanmateriTeknik-TeknikPromosi (2) pelajaribukupetunjukatau tutorial pemakaianuntukmemudahkandalammenggunakan multimedia interaktifberbasise-learning (3) jikamenggunakan multimedia interaktifpembelajaranberbasise-learning dalampembelajaranhendaknyatidaklepasdaripantauandanbimbingan guru agar proses pembelajaranbisaberjalandenganlancar dan (4) jikainginmenerapkan model pembelajarane-learning secaravirtual classroom makadiperlukankoneksi internet yang lancarsertadiperlukanakun Moodle bagimasing-masingpengguna. Adapun saran diseminasi multimedia interaktifpembelajaranberbasise-learning yaituguru dansiswaprogram keahlianPemasarankhususnya yang sedangmenempuhmateriTeknik-TeknikPromosi untukmenggunakan multimedia interaktifberbasise-learningdalamkegiatanpembelajaransebagaisumberbelajarlainnya yang dapatmenunjangkegiatanpembelajaran di sekolahdanmenyebarluaskankepada guru dansiswalain agar dapatmenciptakankegiatanbelajar yang inovatifsesuaidenganperkembanganteknologibaikberupa CD maupunWeb yang telahdisediakan. Diseminasijugadilakukanpada MGMP/MGMD agar multimedia interaktifdapatdigunakanolehseluruh SMK Pemasaran. Saran pengembanganlebihlanjutuntukpeneliti yang mengembangkanproduk multimedia interaktifselanjutnyaadalahmengembangkan multimedia interaktifberdasarkanprinsip-prinsip multimedia menurut Mayer danmempertimbangkansoftware dalam proses pengembangan agar output yang dihasilkandapatdioperasikanolehsemuapengguna. Selainitudisarankan agar penelitimelibatkan guru ataupihaksekolah yang menguasaimaterisebagaiahlidalamvalidasidanmenggunakanlebihdarisatuahlidalamvalidasi media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27940 |
Actions (login required)
View Item |