Islami, Ernida Nur (2022) Penerapan penjadwalan sistem blok pada mata pelajaran dasar-dasar teknik konstruksi dan perumahan di SMK Negeri 1 Singosari / Ernida Nur Islami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penjadwalan sistem blok berfungsi untuk mengatur kontinuitas proses pembelajaran dalam pencapaian kompetensi menyelaraskan budaya belajar dengan budaya industri yang diatur melalui sistem rotasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor penghambat efektifitas dan daya tarik pembelajaran pada penerapan penjadwalan sistem blok SMK Negeri 1 Singosari dari persepsi siswa dan guru. Sehingga nantinya penerapan penjadwalan sistem blok dapat dievaluasi dan diperbaiki. Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif kuantitatif dengan sampel berupa siswa kelas X serta guru Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan SMK Negeri 1 Singosari pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data menggunakan angket yang kemudian dianalisis dengan bantuan software SPSS for Windows-25 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan presentase rata-rata sebagai berikut (1) faktor-faktor penghambat penjadwalan sistem blok dari persepsi siswa sebesar 68 10% persepsi guru sebesar 48 61%. (2) efektifitas pembelajaran dari persepsi siswa sebesar 69 83% persepsi guru sebesar 73 21%. (3) daya tarik pembelajaran dari persepsi siswa sebesar 70 92% persepsi guru sebesar 70 14%. Secara keseluruhan perolehan presentase rata-rata penerapan penjadwalan sistem blok di SMK Negeri 1 Singosari menurut persepsi siswa sebesar 69 91% persepsi guru sebesar 63 98%. Dengan demikian dinyatakan keduanya dikategorikan ldquo cukup baik rdquo .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/279386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |