Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash pada mata pelajaran perencanaan pemasaran (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Probolinggo) / Rieska Tri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash pada mata pelajaran perencanaan pemasaran (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Probolinggo) / Rieska Tri Wulandari

Wulandari, Rieska Tri (2015) Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash pada mata pelajaran perencanaan pemasaran (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Probolinggo) / Rieska Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari R. T. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Perencanaan Pemasaran (Studi pada Siswa Kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Probolinggo). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si (II) Dr. Sopiah M.Pd M.M. Kata Kunci Multimedia Interaktif Adobe Flash Perencanaan Pemasaran Kurikulum 2013 dengan pendekatan scientific menuntut siswa agar mampu mengamati mengklasifikasi mengukur meramalkan menjelaskan dan menyimpulkan segala informasi yang didapatkan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Untuk itu para guru diwajibkan menjadi kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Menciptakan sebuah media pembelajaran menjadi salah satu alternatif yang dapat ditempuh guru untuk mewujudkan tujuan dari adanya kurikulum 2013. Kehadiran multimedia interaktif diharapkan dapat menjadi sarana yang dapat membantu siswa belajar sehingga tercipta proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi model yang dikemukakan oleh Sugiyono dengan tahapan 1) Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Produk Akhir. Tahap validasi desain dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata rata 80% dan validasi ahli materi memperoleh skor rata rata 78 8%. Tahap uji coba produk dilaksanakan di kelas X Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Probolinggo. Hasil dari penelitian ini berupa multimedia interaktif yang dikemas dalam CD Pembelajaran dan dilengkapi dengan buku petunjuk. Keunggulan dari multimedia interaktif yang dikembangkan antara lain 1) desain tampilan yang sederhana dan mudah dioperasikan 2) materi yang disajikan lengkap 3) sesuai dengan kebutuhan siswa. Multimedia interaktif yang telah dikembangkan dapat memperbaiki hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dari hasil Pretest dan Posttest selama proses uji coba produk dimana skor rata rata Pretest siswa sebesar 56 80 sedangkan skor rata rata Posttest siswa sebesar 81 00. Skor tersebut menunjukkan bahwa nilai siswa setelah menggunakan multimedia interaktif lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan multimedia interaktif. Berdasarkan Uji Paired Sample T Test diperoleh thitung sebesar 18 434 dan ttabel sebesar 2 064 sehingga thitung ttabel yaitu 18 434 2 064 yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif. Saran pemanfaatan multimedia interaktif ini yaitu 1) dalam pengoperasian multimedia interaktif sebaiknya tidak lepas dari bimbingan guru 2) sebelum menggunakan multimedia interaktif pastikan laptop / komputer yang digunakan telah terinstall Adobe Flash Player 3) sebaiknya disediakan pengeras suara di setiap ruang kelas 4) selalu menjaga fasilitas yang dimiliki sekolah agar dapat digunakan saat dibutuhkan. Saran pengembangan produk lebih lanjut antara lain 1) pengembangan multimedia interaktif dapat menggunakan software pembuat media lain dan 2) saran untuk peneliti selanjutnya adalah untuk lebih banyak menambahkan gambar dan video pada media yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27936

Actions (login required)

View Item View Item