Pengembangan media pembelajaran berbasis e-module berbantuan flipbook mata pelajaran analisa dan riset pasar (studi pada kelas X pemasaran SMKN 1 Turen) / Yuliani Indahyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis e-module berbantuan flipbook mata pelajaran analisa dan riset pasar (studi pada kelas X pemasaran SMKN 1 Turen) / Yuliani Indahyanti

Indahyanti, Yuliani (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis e-module berbantuan flipbook mata pelajaran analisa dan riset pasar (studi pada kelas X pemasaran SMKN 1 Turen) / Yuliani Indahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Indahyanti Yuliani. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis EModule Berbantuan Flipbook Mata Pelajaran Analisa Dan Riset Pasar (Studi Pada Kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M Si. (2) Dr. Suwarni M Si. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran E-Module analisa dan riset pasar. E-Modul adalah modul yang disajikan dalam bentuk elektronik atau digital yang bersifat interaktif.Perkembangan teknologi tersebut dapat menghasilkan media pembelajaran salah satunya e-modul. Pengembangan e-modulsangat diperlukan karena diharapkan dapat menjadi alternatif media sekaligus bahan ajar yang menarik dengan memanfaatkan media komputer interaktif Tujuan pengembangan media pembelajaran berbasis E-Module mata pelajaran Analisa Dan Riset Pasar adalah menghasilkan produk berupa modul elektronik yang akan dikemas kedalam soft file berupa Flipbook dengan hasil akhir berupa CD interaktif yang layak sehingga dapat digunakan oleh siswa kelas X Pemasaran SMKN 1 Turen serta menerapkan E-Module untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran berbasis e-modulemata pelajaran Analisa Dan Riset Pasar divalidasi oleh 1 ahli media 1 ahli materi dan 30 siswa kelas eksperimen sebagai pengguna media. Hasil validasi menunjukkan rata-rata validasi ahli media sebesar 97.78% (sangat valid) rata-rata validasi ahli materi sebesar 97.29% (sangat valid) dan rata-rata penilaian oleh pengguna media sebesar 91% (sangat valid). Hasil rata-rata tingkat kelayakan media pembelajaran yang berupa CD Interaktif berdasarkan ahli media ahli materi dan pengguna media adalah 94.24% yang berarti sangat valid dan layak untuk digunakan. Analisis data hasil belajar siswa juga menunjukkan bahwa hasil belajar antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah benar-benar berbeda yang dapat dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol memiliki rata-rata nilai sebesar 62.67 sedangkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 83.00. Hasil analisis SPSS juga diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang berupa E-Modul Mata Pelajaran Analisa Dan Riset Pasar sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27934

Actions (login required)

View Item View Item