Irawan, Achmad Alfian (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share berbasis kurikulum 2013 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran analisis dan riset pasar (studi pada siswa kelas X Pemasaran 1 di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Achmad Alfian Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irawan Achmad Alfian 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Berbasis Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Analisis dan Riset Pasar (studi pada siswa kelas X Pemasaran 1 di SMK Negeri 1 Pasuruan). Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si (II) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Pada Pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat melatih siswa dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dengan mudah dari kemampuan berfikir maupun ketrampilan intelektual. Berkaitan dengan hal ini maka dilakukan penelitian dalam proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Analisis dan Riset Pasar kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Pasuruan diketahui adanya masalah kurangnya keterlibatan siswa atau aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar yang kurang memuaskan. Permasalahan tersebut dapat diperbaiki salah satunya dengan melakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang selama ini diterapkan di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penerapan Cooperative Learning model Think Pair Share berbasis kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Analisis dan Riset Pasar pada siswa kelas X Pemasaran 1 di SMK Negeri 1 Pasuruan (2) Mengetahui aktivitas siswa setelah mengikuti penerapan Cooperative Learning model Think Pair Share berbasis kurikulum 2013 di kelas X Pemasaran 1 pada mata pelajaran Analiasis dan Riset Pasar di SMK Negeri 1 Pasuruan (3) Mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti Penerapan Cooperative Learning model Think Pair Share berbasis kurikulum 2013 dI kelas X Pemasaran 1 pada mata pelajaran Analisis dan Riset Pasar di SMK Negeri 1 Pasuruan (4) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan Cooperative Learning model Think Pair Share berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Pasuruan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanakan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara tes catatan lapangan diskusi teman sejawat angket respon siswa dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tiga komponen kegiatan yang saling terkait diantaranya reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) Penerapan pembelajaran berjalan dari dengan baik terbukti dengan adanya peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa (2) Aktivitas belajar siswa meningkat dari persentase 37 91% pada siklus I menjadi 87 60% pada siklus II (3) Hasil belajar siswa terdiri dari kognitif afektif dan psikomotor yang meningkat dari persentase 44 19% pada siklus I menjadi 85 56% pada siklus II (4) Hambatan yang terjadi dapat diatasi dengan adanya solusi dalam refleksi berupa saran dari guru mata pelajaran dan observer (5) Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model TPS mendapatkan apresiasi dan antusias yang baik oleh siswa dengan nilai presentase rata-rata 87 76%. Dari hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan (1) Para siswa X Pemasaran SMKN 1 Pasuruan hendaknya membaca materi atau belajar terlebih dahulu agar lebih siap dalam kegiatan pembelajaran dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam menyampaikan dan me-share pendapatnya di kelas. (2) Para guru mata pelajaran Analisis dan Riset pasar SMKN 1 Pasuruan hendaknya mengatur masalah manajemen waktu dengan lebih baik agar pada proses pembelajaran kooperatif model TPS berjalan dengan baik dan sesuai RPP yang telah dibuat sebelumnya. (3) Kepala sekolah SMKN 1 Pasuruan hendaknya mengadakan pelatihan atau seminar untuk para guru dalam mengaplikasikan pembelajaran kooperatif model TPS sehingga siswa memperoleh pengalaman dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mereka di kelas (4) Peneliti berikutnya diharapkan untuk dapat memperbaiki dan mengembangkan pembelajaran kooperatif model TPS yang ada maupun mengaplikasikan pada subyek penelitian yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |