Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash 3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga pada mata pelajaran Perencanaan Pemasaran SMK PGRI 3 Malang) / Gleydis Harwida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash 3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga pada mata pelajaran Perencanaan Pemasaran SMK PGRI 3 Malang) / Gleydis Harwida

Harwida, Gleydis (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash 3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga pada mata pelajaran Perencanaan Pemasaran SMK PGRI 3 Malang) / Gleydis Harwida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harwida Gleydis. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga Pada Mata Pelajaran Perencanaan Pemasaran SMK PGRI 3 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Gatot Isnani M. Si. (2) Afwan Hariri Agus Prohimi S. E. M. Si. Kata Kunci media pembelajaran hasil belajar Penggunaan alat-alat pembelajaran sering digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Di samping mampu menggunakan alat-alat pembelajaran yang sudah ada guru juga dituntut untuk mengembangakan alat-alat pembelajaran menyesuaikan dengan pesatnya laju perkembangan ilmu dan teknologi. Pengembangan media pembelajaran ini penting untuk inovasi dari media yang sudah ada. Dalam mata pelajaran Perencanaan Pemasaran ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda sehingga perlu adanya variasi dalam pembelajaran agar siswa tidak jenuh. Selain itu penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran akan mengurangi ketergantungan siswa terhadap guru. Melalui media pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X program keahlian Manajemen Niaga pada kompetensi dasar Menjelaskan Teknik-Teknik Promosi. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8. Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development yang dikembangan oleh Sugiyono melalui tahap-tahap (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi masal. Validasi media dilakukan oleh 2 ahli materi 3 ahli media 2 guru dan 29 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Design untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Sebelum soal posttest digunakan terlebih dahulu soal tersebut diuji coba agar mengetahui soal yang baik yang digunakan sebagai posttest. Hasil validasi ahli materi mencapai 96 67% yang menyatakan media pembelajaran valid dan dapat digunakan hasil validasi ahli media mencapai 92 47% yang menyatakan media pembelajaran valid dan dapat digunakan hasil validasi guru mencapai 89 27% yang menyatakan media pembelajaran valid dan dapat digunakan dan validasi siswa mencapai 91 43% yang menyatakan media pembelajaran valid dan dapat digunakan. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 74 dan kelas kontrol 60 menunjukkan bahwa adanya perbedaan nilai posttest anatara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan perbandingan nilai posttest tersebut maka media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Saran pemanfaatan media pembelajaran ini yaitu (1) pemanfaatan media pembelajaran sebaiknya didampingi dengan buku penunjang atau handout materi yang sudah disediakan oleh guru atau sekolah karena materi yang terdapat dalam media hanya terbatas pada point-point penting saja (2) guru dapat menambahkan penjelasan atau pengalamannya yang belum terdapat dalam media pembelajaran untuk memperluas wawasan siswa dan (3) guru harus mengawasi siswa ketika sedang menggunakan media pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 adalah untuk memasukkan lebih banyak gambar contoh materi dan video contoh materi agar lebih memperjelas materi yang ada dalam media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27929

Actions (login required)

View Item View Item