Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif siswa kelas x smk turen / Erma Nirmalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif siswa kelas x smk turen / Erma Nirmalasari

Nirmalasari, Erma Nirmalasari (2023) Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif siswa kelas x smk turen / Erma Nirmalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran di suatu pendidikan dilakukannya karena terjadi masalah ketika proses pembelajaran dilaksanakan seperti halnya hasil belajar dan keaktifan belajar. Penyebab terjadi permasalahan adalah penyajian materi masih dilakukan dengan model pembelajaran yang monoton dan terfokus hanya pendidik saja atau model ceramah. Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui (1) hasil belajar dan keaktifan belajar siswa sebelum perlakuan (2) setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing siklus I dan siklus II (3) peningkatan dari sebelum perlakuan siklus I dan siklus II dengan materi Alat Ukur Mekanik Beserta Fungsinya Sederhana dan Alat Ukur Elektrik dan Elektronik Beserta Fungsinya Sederhana di kelas X TKRO I SMK Turen dengan jumlah 33 siswa. Metode penelitian mengguakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan diterapkan dua siklus. Hasil penelitian ditunjukan bahwa hasil belajar dan keaktifan belajar sebelum perlakuan tergolong rendah. Setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing meningkat setiap siklusnya. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sudah memenuhi ketuntasan minimal yaitu dengan hasil 87 51 dengan presentase ketuntasan sebesar 88%. Sedangkan pada keaktifan belajar siswa mendapatkan hasil presentase 81% dikategorikan ldquo Sangat Aktif. rdquo Dari data tersebut hasil belajar dan keaktifan belajar siswa sudah memenuhi kriteria keberhasilan sehingga peneleitian diberhentikan. Kesimpulannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowaball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279287

Actions (login required)

View Item View Item