Pengaruh pemasangan shock absorber multi stage untuk mengurangi sudut pitching damper ratio dan efisiensi pengereman pada sepeda motor CB150R / A. Effendy Ismail - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemasangan shock absorber multi stage untuk mengurangi sudut pitching damper ratio dan efisiensi pengereman pada sepeda motor CB150R / A. Effendy Ismail

Ismail, A. Effendy (2022) Pengaruh pemasangan shock absorber multi stage untuk mengurangi sudut pitching damper ratio dan efisiensi pengereman pada sepeda motor CB150R / A. Effendy Ismail. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ismail A Effendy. 2022. Pengaruh Pemasangan Shock Absorber Multi Stage Untuk Mengurangi Sudut Pitching Damper Ratio Dan Efisiensi Pengereman Pada Sepeda Motor Cb150r. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarli M.Pd M.T (2) Dr. Muchammad Harly S.T. M.T. Kata Kunci Shock absorber multi stage Sudut pitching Damper ratio Efisiensi pengereman Kenyamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor utama disamping kinerja dari mesin kendaraan itu sendiri salah satunya dipangaruhi oleh sistem suspensi yang berfungsi untuk menyerap getaran dari permukaan jalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan shock absorber multi stage dengan empat tingkat kekakuan untuk mengurangi sudut pitching damper ratio dan efisiensi pengereman pada sepeda motor Honda CB150R. Metode pengujian sudut pitching yaitu dengan menggunakan sensor inclinometer yang terdapat pada aplikasi DashCommand (OBD ELM App) dengan melewati speed bump pada variasi kecepatan. Metode pengujian damper ratio yaitu dengan cara keadaan statis sepeda motor diberikan beban kejut pada shock absorber belakang dan dihitung waktu dan jarak lendutannya. Metode pengujian efisiensi pengereman dilakukan dengan melakukan pengereman penuh pada variasi kecepatan kemudian dihitung waktu pengereman hingga berhenti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan shock absorber multi stage dan shock absorber standart terhadap sudut pitching dimana terjadi penurunan sebesar 15% pada shock absorber stage ke-1 yaitu 12 pada kecepatan 60 km/j. Perbedaan yang signifikan juga dihasilkan pada pengujian damper ratio yaitu terjadi penurunan maksimal pada shock absorber stage ke-1 sebesar 0 61 Ns/cm dengan beban 50 kg. Pada hasil pengujian efisiensi pengereman tidak ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan shock absorber multi stage pada stage 1 2 3 4 dan shock absorber standart masing-masing menghasilkan efisiensi pengereman sebesar 61% 60% 54% 53% dan 51% pada kecepatan 20 km/j.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279282

Actions (login required)

View Item View Item