Pengaruh perubahan variasi jumlah lubang injektor terhadap daya, torsi dan konsumsi bahan bakar sepeda motor vario 125cc / Fahregi Alifian Mahendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perubahan variasi jumlah lubang injektor terhadap daya, torsi dan konsumsi bahan bakar sepeda motor vario 125cc / Fahregi Alifian Mahendra

Mahendra, Fahregi Alifian (2022) Pengaruh perubahan variasi jumlah lubang injektor terhadap daya, torsi dan konsumsi bahan bakar sepeda motor vario 125cc / Fahregi Alifian Mahendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi pada setiap sepeda motor semakin maju seiring dengan semakin naiknya minat masyarakat dan persaingan antar industri sepeda motor. Teknologi sistem injeksi merupakan teknologi yang sedang berkembang dalam dunia otomotif. Teknologi tersebut mampu meningkatan performa mesin dan efisiensi bahan bakar. Injektor adalah komponen utama sistem injeksi bahan bakar yang mempunyai fungsi menyemprotkan dan mengabutkan bahan bakar menuju saluran intake manifold. Debit volume bahan bakar yang disemprotkan berasal dari tekanan pompa bahan bakar dan jumlah lubang injektor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap pengaruh perubahan variasi jumlah injektor terhadap daya torsi dan konsumsi bahan bakar sepeda motor vario 125cc. Hasil dari penelitian ini akan digunakan untuk pengayaan keilmuan Teknik Otomotif terapan dan untuk keperluan praktisi teknik otomotif. Untuk meneliti permasalahan tersebut telah dilakukan pengujian terhadap sepeda motor vario 125cc di bengkel DGS Speedshop. Dengan melakukan penggantian injektor 4 lubang 6 lubang dan 8 lubang kemudian diuji pengaruhnya terhadap daya torsi dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor vario 125cc menggunakan alat dynotest. Sebelum dilakukan pengujian terlebih dahulu dilakukan pengaturan agar debit bahan bakar yang disemprotkan injektor sama semua. Pengujian dimulai dari 2000 rpm sampai 9500 rpm dengan rentang 250 rpm. Setelah dilakukan pengujian maka didapatkan hasil bahwa (1) tidak ada perbedaan torsi yang signifikan pada sepeda motor vario 125 cc menggunakan injektor 4 lubang 6 lubang dan 8 lubang (2) tidak ada perbedaan daya yang signifikan pada sepeda motor vario 125 cc menggunakan injektor 4 lubang 6 lubang dan 8 lubang (3) tidak ada perbedaan konsumsi bahan yang signifikan pada sepeda motor vario 125 cc menggunakan injektor 4 lubang 6 lubang dan 8 lubang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279281

Actions (login required)

View Item View Item