Pengaruh nine power terhadap arus listrik pengapian, daya, dan emisi gas buang pada mesin bensin 4 tak / Faiz Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh nine power terhadap arus listrik pengapian, daya, dan emisi gas buang pada mesin bensin 4 tak / Faiz Kurniawan

Kurniawan, Faiz (2022) Pengaruh nine power terhadap arus listrik pengapian, daya, dan emisi gas buang pada mesin bensin 4 tak / Faiz Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia selama ini adalah sepeda motor yang dari tahun ke tahun jumlahnya terus mengalami peningkatan. Pasar industri otomotif khususnya pada bidang sepeda motor di Indonesia yang berkembang sangatlah besar membuat produksi sepeda motor terus berinovasi mengembangkan teknologi-teknologi yang semakin mendukung performa mesin motor tersebut. Dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi saat ini segala upaya untuk meningkatkan performa mesin melalui modifikasi di sistem pembakaran merupakan solusi yang terus-menerus dilakukan di dunia otomotif saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasangan nine power terhadap arus listrik pengapian daya dan emisi gas buang pada motor bensin 4 tak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan teknik analisis yang digunakan adalah analisis parametric menggunakan uji Independent T- test. Hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai sarana referensi dalam bidang teknik otomotif kedepannya. Hasil dari penelitian pemasangan nine power ini yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan baik arus listrik pengapian daya maupun emisi gas buang antara kabel tanpa nine power dan kabel dengan nine power. (1) Penggunaan nine power menghasilkan arus listrik pengapian terbesar 0 38 Ampere pada putaran 8000 rpm sedangkan tanpa nine power di 8000 rpm menghasilkan 0 35 Ampere. (2) Pada kabel dengan nine power menghasilkan daya terbesar pada putaran 8000 rpm yaitu 7 9 Hp sedangkan tanpa nine power 7 4 Hp pada 8000 rpm. (3) Pada kabel yang menggunakan nine power menghasilkan emisi gas buang CO terendah 2 1 % volume pada 5000 rpm dan emisi gas buang CO terbesar pada putaran 8000 rpm yaitu 2 8 % volume. Sedangkan pengujian emisi gas buang HC pada kabel dengan nine power jumlah emisi gas buang HC terbesar dihasilkan saat putaran mesin berada di 6000 rpm sebesar 447 ppm dan emisi gas buang HC minimum berada diputaran 5000 rpm yaitu 145 ppm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279279

Actions (login required)

View Item View Item