Peningkatan hasil belajar teknologi dasar otomotif melalui pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe example non example (ene) pada anak didik Kelas x di SMKN 10 Malang / Muhammad Yasir Sukardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar teknologi dasar otomotif melalui pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe example non example (ene) pada anak didik Kelas x di SMKN 10 Malang / Muhammad Yasir Sukardi

Sukardi, Muhammad Yasir (2022) Peningkatan hasil belajar teknologi dasar otomotif melalui pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe example non example (ene) pada anak didik Kelas x di SMKN 10 Malang / Muhammad Yasir Sukardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Education merupakan salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Malang adalah SMK yang memiliki visi Mewujudkan peserta didik yang unggul beriman dan bertaqwa profesional berjiwa wirausaha berkarakter dan berwawasan lingkungan. Adapun permasalahan yang diamati dalam studi ini adalah mengenai apa yang terjadi dalam mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif yang dimana penyajian materi masih dilakukan dengan metode pembelajaran yang terfokus pada guru yang mana membuat siswa tidak mendapatkan tantangan untuk melakukan pengkajian materi secara lebih mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe example non example. Hal ini sangat rasional jika pembelajaran kooperatif tipe example non example ini digunakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran Teknologi Dasar Otomotif di SMK Negeri 10 Malang supaya keaktifan siswa dapat meningkat sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat juga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran TDO untuk memahami proses mesin konversi energi yang dilaksanakan melalui model pembelajaran tipe example non example. pendekatan berdasarkan siklus ide Kemmis dan McTaggart. Dengan begitu rata-rata nilai tes hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan secara signifikan yakni mencapai angka 83. Presentase hasil belajar pun naik dari 44% menjadi 95%. Dalam hal ini hasil belajar siswa telah mencapai kategori sangat baik sehingga siklus diberhentikan. Peningkatan yang cukup besar pada kegiatan pra siklus siklus pertama dan siklus kedua menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan pembelajaran kooperatif example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TDO.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279278

Actions (login required)

View Item View Item