Analisa pengaruh variasi timing dan dwell time di sistem pengapian ecu programable terhadap daya pada sepeda motor yamaha NMAX 155 cc / Fendy Puji Suhermanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa pengaruh variasi timing dan dwell time di sistem pengapian ecu programable terhadap daya pada sepeda motor yamaha NMAX 155 cc / Fendy Puji Suhermanto

Suhermanto, Fendy Puji (2022) Analisa pengaruh variasi timing dan dwell time di sistem pengapian ecu programable terhadap daya pada sepeda motor yamaha NMAX 155 cc / Fendy Puji Suhermanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pasar industri otomotif khususnya pada bidang sepeda motor di Indonesia yang berkembang sangatlah besar membuat produksi sepeda motor terus berinovasi mengembangkan teknologi-teknologi yang semakin mendukung performa mesin motor tersebut. Salah satu perkembangan pada sepeda motor EFI yaitu memunculkan produk-produk seperti ECU Programmable. Dimana ECU ini memudahkan mekanik untuk mengubah data yang ada pada ECU itu sendiri agar ditemukan setelan yang pas dan menghasilkan peforma terbaik. Penilitan ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh variasi timing dan dwell time di sistem pengapian ECU programable terhadap daya pada sepeda motor Yamaha NMAX 155 cc. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental. Dengan menggunakan teknik analisis yang digunakan adalah analisis parametric menggunakan uji One Way Anova Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya mesin tertinggi pada putaran 8000 rpm dengan penyetelan standar. Namun pada variasi penyetelan timing ditambah 2 deg daya tertinggi di putaran 7000 rpm yaitu 17 1 hp dan daya menurun diputaran tinggi atau pada putaran 7500 rpm dan 8000 rpm. Hal itu disebabkan karena semakin jauh busi memercikkan bunga api dari sebelum TMA maka akan membuat berakhirnya proses pembakaran terlalu dekat dengan TMA yang megakibatkan tenaga yang dihasilkan kurang maksimal. Pada variasi dwell time yang ditambah maupun yang dikurangi 0 10ms mengalami penurunan daya dibandingkan penyetelan dwell time standar. Hal ini dikarenakan penyetelan dwell time yang terlalu lama menyebabkan percikan bunga api akan lemah atau tegangannya menjadi jatuh saat putaran tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diatas dan juga sudah melalui proses analisis data maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang kurang signifikan antara penyetelan timing standar ditambah 2 deg dikurangi 2 deg variasi dwell time standar ditambah 0 10ms dan dikurangi 0 10ms. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian agar mengembangkan penelitian ini dengan penggabungkan penyetelan variasi timing dan dwell time pada sepeda motor Yamaha NMAX 155 cc.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279273

Actions (login required)

View Item View Item