Perbedaan berpikir kritis (HOTS) dan hasil belajar pada diagnosis blok silinder antara penggunaan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan konvensional siswa kelas XII di SMK Negeri 11 Malang / Dea Ayu Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan berpikir kritis (HOTS) dan hasil belajar pada diagnosis blok silinder antara penggunaan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan konvensional siswa kelas XII di SMK Negeri 11 Malang / Dea Ayu Pratiwi

Pratiwi, Dea Ayu (2022) Perbedaan berpikir kritis (HOTS) dan hasil belajar pada diagnosis blok silinder antara penggunaan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan konvensional siswa kelas XII di SMK Negeri 11 Malang / Dea Ayu Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatkan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan hasil belajar kelas XII TKRO dengan menggunakan model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) di SMK Negeri 11 Malang pada materi mendiagnosis kerusakan mekanisme blok silinder. Eksperimen semua (quasi eksperiment) dengan teknik pretest-posttest nonequivalent control group design akan digunakan di penelitian kali ini. Teknik pengambilan sampel mengunakan teknik purposive sampling. Data yang diambil dari kelas TKRO 1 sebagai kelas kontrol dan TKRO 3 sebagai kelas eksperimen dengan total 60 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan signifikan penggunaan model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan HOTS dan hasil belajar di SMK Negeri 11 Malang pada mendiagnosis kerusakan blok silinder. Hasil rata-rata tes kemampuan berpikir HOTS dengan menggunakan SSCS mengalami kenaikan sebesar 66 14 % dan rata-rata tes hasil belajar kognitif mengalami kenaikan sebesar 66 32 %. Kenaikan ini disebabkan karena pembelajaran SSCS di dalam setiap sintaknya akan membuat murid untuk aktif melatih berpikir yang tinggi dan memberikan pemahaman yang lebih sehingga membuat kenaikan pada hasil belajar kognitif dan meningkatnya kemampuan HOTS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279270

Actions (login required)

View Item View Item