Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada kelas X Penjualan pada mata pelajaran analisa dan riset pasar di SMK PGRI 3 Malang) / Koko Budi Setiyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada kelas X Penjualan pada mata pelajaran analisa dan riset pasar di SMK PGRI 3 Malang) / Koko Budi Setiyawan

Setiyawan, Koko Budi (2015) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada kelas X Penjualan pada mata pelajaran analisa dan riset pasar di SMK PGRI 3 Malang) / Koko Budi Setiyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiyawan. Koko. B. 2015 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kelas X Penjualan Pada Mata Pelajaran Analisa dan Riset Pasar di SMK PGRI 3 malang). Skripsi. Jurusan Manajemen. Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suwarni M.Si (II) Drs. Mohammad Hari M.Si Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Aktivitas Hasil Belajar Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata yang dituangkan kedalam studi kasus yang telah disesuaikan dengan materi sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan ketrampilan pemecahan masalah untuk memperoleh pengetahuan dari materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan Model Problem Based Learning dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran analisa dan riset pasar siswa kelas X Penjualan SMK PGRI 3 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Model pembelajaran Problem Based Learning ini dilaksanakan dalam 5 tahap yaitu tahap ke-1 Orientasi siswa pada masalah tahap ke-2 Mengorientasi siswa untuk belajar tahap ke-3 Membimbing penyelidikan individual dan kelompok tahap ke-4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya tahap ke-5 Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 74 2% dan siklus II sebesar 90 2%. Sedangkan hasil belajar juga mengalami peningkatan hasil belajar terdiri dari aspek kognitif dan afektif untuk aspek kognitif membandingkan hasil nilai post test dengan nilai sebelum penerapan model PBL setiap siklus. Sedangkan aspek afektif dianalisis dengan menghitung presentase frekuensi setiap indikator yang muncul. Ketentuan nilai batas minimum ketuntasan belajar siswa untuk mata diklat analisa dan riset pasar adalah 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar aspek kognitif siklus I 75% dan siklus II 79 8%. Saran yang dapat diberikan peneliti dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah Bagi kepala Sekolah disarankan untuk menambah dan melengkapi literatur agar siswa dapat memperbanyak wawasan dan pengetahuannya salah satunya melalui membaca buku-buku literatur yang disediakan oleh sekolah Bagi Guru yang menerapkan model pembelajaran PBL disarankan untuk lebih tegas dalam proses pembelajaran agar siswa tidak gaduh dan mengganggu dalam proses pembelajaran. untuk lebih meningkatkan keaktivan dan motivasi siswa pada proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal Bagi peneliti lain diharapkan mampu memperbaiki kekurangan pada model Problem Based Learnning sebagi salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27927

Actions (login required)

View Item View Item