Penerapan model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) dengan pemberian reward untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif siswa Kelas X TKRO SMK Negeri 11 Malang / Fransisco Siga Domaking - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) dengan pemberian reward untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif siswa Kelas X TKRO SMK Negeri 11 Malang / Fransisco Siga Domaking

Domaking, Fransisco Siga (2022) Penerapan model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) dengan pemberian reward untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif siswa Kelas X TKRO SMK Negeri 11 Malang / Fransisco Siga Domaking. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam menciptakan proses pembelajaran yang optimal diperlukan model pembelajaran yang manarik sehingga peserta didik dan guru menjadi lebih bersemangat dalam melaksanakan aktivitas proses belajar mangajar. Model pembelajaran yang bisa menjadi pilihan guru sebagai alternatif yaitu model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya hasil belajar yang diperoleh siswa kelas X TKRO 4 Mata pelajaran PDTO. Motode pembelajaran yang kurang menarik mengakibatkan kurang pahamnya siswa akan materi yang diajarkan guru ketika siswa dihadapkan dengan soal-soal banyak siswa yang tidak dapat mengejarkan soal tersebut sehingga nilai yang diperoleh siswa berada di bawah KKTP. Model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) dengan pemberian reward bisa salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran ini menggunakan pendekatan kooperatif adapun penyampaian meteri dilakukan dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang dipakai oleh siswa sehingga siswa yang dibantu oleh tutor akan bisa lebih cepat untuk memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKRO SMK Negeri 11 Malang pada mata pelajaran PDTO dengan mengunakan model pembelajaran tutor sebaya dengan pemberian reward. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKRO 4 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test hasil belajar dan observasi. Penelitian ini mengunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa rata-rata hasil belajar pra-tindakan sebesar 59 71 dengan persentase ketuntsasan siswa sebesar 32 % setelah diterapkan model pembelajaran tutor sebaya pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 76 47 dengan persentase 71% meningkat sebesar 39% dan Pada siklus II kembali mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 83 9705 dengan persentase sebesar 91% yang meningkat sebesar 20 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tutor sebaya dengan pemberian reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKRO 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279253

Actions (login required)

View Item View Item