Pengembangan bahan ajar e-modul berbasis Adobe Indesign CS5 kompetensi dasar memahami strategi pemasaran pada product life cycle (studi pada mata pelajaran strategi pemasaran kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen) / Wella Anthika Ayoening Tyas Poetri

Poetri, Wella Anthika Ayoening Tyas (2015) Pengembangan bahan ajar e-modul berbasis Adobe Indesign CS5 kompetensi dasar memahami strategi pemasaran pada product life cycle (studi pada mata pelajaran strategi pemasaran kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen) / Wella Anthika Ayoening Tyas Poetri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Poetri, Wella Anthika.A.T. 2015. PengembanganBahan Ajar E-ModulBerbasis Adobe Indesign CS 5 KompetensiDasarMemahamiStrategi Product Life CyclePada Mata PelajaranStrategiPemasaran (Studi pada Kelas X PemasaranSmkNegeri 1 Turen). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mohammad Hari, M.Si., (2) Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M. Kata kunci: Bahan Ajar, Modul Elektronik, Strategi Pemasaran Saatini, pembelajarankonvensionaldirasakurangmenarik, membosankan, dankuranginteraktifuntuksiswa di sekolah. Hal iniseharusnyamengalamiperubahandenganmemanfaatkanteknologiinformasimenjadibahan ajar yang interaktifyang dapat meningkatkanmutupendidikan di Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Mata Pelajaran Strategi Pemasaran bahwa dalam proses pembelajaran dikelas guru masih menerapkan model pembelajaran secara umum maksimal dan membuat para siswa merasa jenuh dalam menerima pelajaran. Berdasarkan dari pengamatan tersebut, pengembangan e-moduldiharapkan dapat menjadi alternatif bahan ajar yang menarik dengan memanfaatkan teknologi elektronik serta sajian materi dalam e-modul diharapkan dapat memberi kemudahan siswa dalam memahami materi pada kompetensi dasar Strategi Product Life Cycle. Tujuan pengembangan modul elektronik pembelajaran Strategi Pemasaran padaProduct Life Cylce adalah untuk menghasilkan bahan ajar yang lebih modern berbasis teknologi. Pengembangan modul elektronik ini juga bertujuan agar modul dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar yang membantu guru dalam menanamkan pemahaman kepada siswa secara mandiri terhadap materi yang dipelajari. Prosedurpengembanganpenelitianinimengadaptasi model penelitian R&D oleh Borg and Gall, yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi lebih sederhana sesuai dengan kebutuhan yang terdiri dari enam tahap meliputi: (1) Analisis Kebutuhan dan Identifikasi Masalah, (2) Perancangan Produk, (3) Pengembangan Produk Awal, (4) Uji Coba Validasi Ahli, (5) Revisi Produk, dan (6) Produksi Akhir. Subjek Uji coba dalam Penelitian ini yaitu Ahli IT, Ahli Materi, dan Ahli Modul. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian berupa hasil validasi modul elektronik yang menunjukkan tingkat keefektifan penggunaan modul elektronik. Tingkat kelayakan modul elektronik berdasarkan rata-rata validasi ahli IT sebesar 94,48% yang berarti sangat valid. Kelayakan modul berdasarkan rata-rata validasi ahli materi 92% yang berarti sangat valid untuk digunakan. Kelayakan modul berdasarkan rata-rata validasi ahli modul 95% yang berarti sangat valid. Hasil rata-rata tingkat kelayakan modul berdasarkan ahli media, ahli materi, dan pengguna modul adalah 93,83% yang berarti sangat valid dan layak untuk digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan modul elektronik Strategi Pemasaran pada Kompetensi Dasar Strategi Product Life Cyclesangat layakdigunakan untuk siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Turen. Disarankan bagi calon pengguna produk (peserta didik dan guru) untuk membaca dan mengikuti petunjuk pada buku petunjuk modul untuk memudahkan dalam pengoperasian Modul Elektronik Berbasis Adobe Indesign CS5 serta e-modulberbasisAdobe Indesign CS 5 bisa lebih dioptimalkan yaitu dengan cara penggunaan e-modul disekolah yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27924

Actions (login required)

View Item View Item