Penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here vuntuk meninbgkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (studi pada kelasa X Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang) / Sintesa Aulia Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here vuntuk meninbgkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (studi pada kelasa X Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang) / Sintesa Aulia Ramadhani

Ramadhani, Sintesa Aulia (2015) Penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here vuntuk meninbgkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (studi pada kelasa X Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang) / Sintesa Aulia Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhani Sintesa Aulia 2015. Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (Studi pada Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Agung Winarno M.M. (2) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci EIATH hasil belajar prakarya dan kewirausahaan Model pembelajaran EIATH (Everyone Is A Teacher Here) merupakan sebuah strategi yang mudah diterapkan oleh guru dengan tujuan memperoleh partisipasi kelas. Penerapan model pembelajaran EIATH pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Desain Produk dan Pengemasan Karya Kerajinan Limbah Tekstil Berdasarkan Konsep Berkarya dengan Pendekatan Budaya Setempat dan Lainnya. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan diperoleh informasi bahwa pada saat pelaksanaan pembelajaran guru masih menggunakan pola pembelajaran konvensional sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran EIATH pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.(2) Penerapan model pembelajaran EIATHsehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan deskriprif kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Untuk penarikan kesimpulan menggunakan rumus keberhasilan tindakan dengan cara jumlah skor yang diperoleh dikali 100% dan dibagi jumlah skor maksimum. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data penelitian diambil dari (1) tes (2) observasi (3) wawancara (4) catatan lapangan (5) dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Temuan penelitian terdapat 4 yakni (1) siswa menjadi lebih aktif menambah dan menjawab pertanyaan dengan adanya penerapan model pembelajaran EIATH (2) Pada pelaksanaan model pembelajaran EIATH siswa belajar untuk lebih berfikir kritis mulai dari membuat pertanyaan menyanggah pendapat menambah pendapat dan menjelaskan pendapatnya seperti seorang guru (3) Pelaksanaan model pembelajaran EIATH pada siklus II lebih cepat dibandingkan dengan siklus I karena siswa sudah memahami tata cara pelaksanaan model tersebut (4) Hasil belajar ranah kognitif maupun psikomotor siswa meningkat pada siklus II dan membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran EIATH berhasil. Hasil belajar ranah kognitif siklus I mengalami peningkatan persentase keberhasilan sebesar 41 94%. Peningkatan persentase keberhasilan dapat dilihat dari pre test 0% dan menjadi 41 94% pada post test. Pada siklus IImengalami kenaikan persentase keberhasilan sebesar 70%. Peningkatan persentase keberhasilan dapat dilihat dari pre test 6 67% dan menjadi 76 67% pada post test.Persentase keberhasilan pada ranah psikomotor siklus Isebesar 74 87% dan pada siklus II mengalami peningkatan dan telah memenuhi KKM sebesar 87 36%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran model EIATH pada mata pelajaran PrakaryadanKewirausahaan berjalan sesuai dengan RPP dan dilaksanakan dengan dua siklus (2) Hasil belajar ranah kognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran EIATH mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari persentase keberhasilan UAS pada semester Ganjil yaitu 38 71% dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 41 94% serta pada siklus II sebesar 76 67% (3) Hasil belajar ranahpsikomotor siswa setelah diterapkan model pembelajaran EIATH mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase keberhasilan sebesar 74 87% dan meningkat pada siklus II menjadi 87 36%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diajukan beberapa saran sebagai berikut (1) Bagi Guru Prakarya dan Kewirausahaan dapat menjadikan model pembelajaran EIATH sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran karena semua materi pembelajaran cocok dengan model pembelajaran ini (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan sebelum pelaksanaan tindakan hendaknya membuat kontrak belajar dengan siswa agar siswa tidak ramai dan jika melanggar akan mendapat sanksi mengerjakan tugas rumah sesuai materi ajar (3) Penerapan model pembelajaran EIATH sebaiknya menggunakan 60% dari jumlah siswa sebagai sukarelawan menjadi guru untuk menjelaskan pertanyaan dari teman-temannya. Hal ini bertujuan agar pembahasan dari pertanyaan yang dibuat siswa menjadi rata dapat melatih rasa tanggungjawab dan mandiri siswa (4) Media penerapan model pembelajaran EIATH menggunakan kertas HVS yang kosong sebaiknya diganti dengan kertas HVS yang berisi tabel dengan nama tanggal dan pertanyaan (5) Rubrik penilaian psikomotor sebaiknya lebih disesuaikan dengan kriteria pada saat siswa melakukan praktik pembuatan karya kerajinan limbah tekstil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27920

Actions (login required)

View Item View Item