Magfiroh, Anis (2022) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Perbandingan /Anis Magfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh kebutuhan modul ajar berstandar kurikulum merdeka yang dapat memfasilitasi siswa agar mampu menguasai konsep dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi perbandingan. Modul ajar dapat dikembangkan bersamaan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing dikarenakan dapat mengarahkan siswa untuk menemukan konsep secara mandiri sehingga siswa dapat lebih menguasai konsep. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul ajar berbasis penemuan terbimbing pada materi perbandingan yang valid dan praktis. Penelitian inimenggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap penelitian awal, prototipe, dan asesmen. Instrumen yang dikembangkan antara lain modul ajar, LKPD, soal penilaian harian, angket respon siswa, angket respon guru, dan lembar validasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa instrumen penelitian layak dipakai menurut hasil validasi oleh validator ahli dan validator praktisi dengan akumulasi nilai rata-rata 3,26 untuk modul ajar, 3,36 untuk LKS, 3,5 untuk soal penilaian harian, 3,7 untuk angket respon siswa, dan 3,63 untuk angket respon guru dengan kategori valid. Sedangkan kepraktisan modul ajar dilihat dari hasil pengisian angket respon siswa dan angket respon guru yang memperoleh nilai rata-rata 3,31 dan 3,5 dengan kategori praktis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODUL AJAR, PENEMUAN TERBIMBING, PERBANDINGAN. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 01:50 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 06:27 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2792 |
Actions (login required)
View Item |