Implementasi model pembelajaran two stay two stray pada perolehan tingkat motivasi dan tingkat hasil belajar pada prakarya dan kewirausahaan (studi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Ahmad Choirul Wahyudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran two stay two stray pada perolehan tingkat motivasi dan tingkat hasil belajar pada prakarya dan kewirausahaan (studi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Ahmad Choirul Wahyudin

Wahyudin, Ahmad Choirul (2015) Implementasi model pembelajaran two stay two stray pada perolehan tingkat motivasi dan tingkat hasil belajar pada prakarya dan kewirausahaan (studi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Ahmad Choirul Wahyudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahmad C. W. 2015. Impelementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Perolehan Tingkat Motivasi dan Tingkat Hasil Belajar Pada Prakarya dan Kewirausahaan (Studi pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi. Prodi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si (2) Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E. M.Sc. Kata Kunci Two Stay Two Stray Motivasi Belajar Hasil Belajar peningkatan dan mutu pendidikan dari tahun ke tahun harus selalu menjadi perhatian khusus oleh pihak yang terkait dengan dunia pendidikan. Tantangan ke depan akan semakin berat karena kualitas sumber daya manusia harus menyesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha dan kerja serta mampu berkompetensi dengan baik dalam persaingan yang semakin kuat. Peningkatan kualitas pendidikan tidak terlepas dari peran aktif siswa dan guru. Seorang guru diharapkan memiliki strategi belajar yang baik dan kreatif serta dapat menerapkan model pembelajaran yang relevan dengan bahan ajar yang akan diajarakan kepada peserta didik. Jika hal tersebut dapat dipenuhi maka kegiatan belajar mengajar dapat mencapai hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan metode pembelajaran kooperatif berdampak pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.. penelitian ini adalah penelitian eksperimen Desain penelitan ini menggunakan eksperimen semu (quasy eksperimental design). Rencana pelaksanaan penelitian ini di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X. Sampel yang dipilih adalah siswa kelas X Multimedia. Teknik pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling. Sampel yang digunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (Multimedia 1) dan kelas kontrol (Multimedia 2). Untuk mengukur nilai hasil belajar dilakukan tes soal berupa pre test dan post test. Sedangkan untuk mengukur nilai motivasi belajar menggunakan kuisioner yang di isi oleh siswa setelah mendapatkan perlakuan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran TSTS berdampak pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. (1) deskripsi motivasi belajar siswa kelas eksperimen memiliki rentang skor lebih tinggi dengan nilai 26-44 untuk instrinsik dan 34-60 untuk ekstrinsik dibanding dengan kelas kontrol yang memiliki nilai 30-40 untuk instrinsik dan 32-51 untuk ekstrinsik. Sedangkan pada pengujian hipotesis motivasi belajar memiliki nilai 0 00 0 05 yang diartikan bahwa hipotesis penelitian diterima. (2) deskripsi hasil belajar tes kemampuan ahir (post-test) kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Saat tes kemampuan akhir Kelas eksperimen memiliki rentang nilai 64-84 dan pada kelas kontrol rentang nilai 48-76. Sedangkan pada pengujian hipotesis hasil belajar memiliki nilai 0 00 0 05 yang diartikan bahwa hipotesis diterima. Dari data diatas dapat ditarik bahwa implementasi model pembelajaran TSTS lebih baik disbanding dengan model pembelajaran konvensional. Saran dari peneliti agar siswa diberi pembelajaraan yang berbeda agar suasana lebih menyenangkan dan siswa akan lebih bersemangat dalam menjalani proses pembelajaran dan untuk orang jangan pernah lelah dan lengah dalam mengawasi anak nya untuk prilaku dan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27914

Actions (login required)

View Item View Item