Sari, Prieta Kartika (2015) Pengaruh prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan, hasil belajar PRAKERIN, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang / Prieta Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari P.K. 2015. Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Hasil Belajar PRAKERIN dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M. Pd M. M. (II) Drs. H. Gatot Isnani M. Si. Kata kunci prestasi belajar hasil belajar lingkungan keluarga minat berwirausaha Jumlah penduduk dan jumlah pekerja yang besar serta laju pertumbuhan penduduk yang tinggi sebenarnya tidak menjadi alasan untuk tidak mendapatkan kesempatan kerja. SMK merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan menyiapkan lulusan untuk menjadi tenaga kerja yang terampil dan mengutamakan kemampuan sesuai dengan bidang pekerjaannya untuk melakukan pekerjaan tertentu. Materi tentang kewirausahaan yang telah dipelajari pada waktu di sekolah merupakan titik awal untuk menumbuhkan minat berwirausaha. Melalui kegiatan pembelajaran praktik siswa dapat mengusai keterampilan kerja secara optimal di tempat praktik mendapatkan pengalaman bekerja dan mengetahui bagaimana cara mengelola suatu usaha. Dalam mendidik anak para orang tua harus mengajarkan anaknya memotivasi diri untuk bekerja keras diberi kesempatan untuk bertanggung jawab atas apa yang dia lakukan.Dalam menumbuhkan minat berwirausaha mata pelajaran kewirausahaan hasil belajar praktik kerja industri dan lingkungan keluarga sangat berpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan secara parsial terhadap minat berwirausaha. (2) hasil belajar praktik kerja industri secara parsial terhadap minat berwirausaha. (3) lingkungan keluarga secara parsial terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan (X1) hasil belajar praktik kerja industri (X2) dan lingkungan keluarga (X3) dengan variabel terikat minat berwirausaha (Y).Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Malang berjumlah 108 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 84 responden yang dihitung dengan rumus Isaac dan Michael sedangkan untuk menentukan sampel menggunakan proportional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima opsi sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju.Peneliti memberigambaran tentangprestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan maka distribusi frekuensiklasifikasinya adalahrendah sekali rendah cukup tinggi tinggi dan sangat tinggi. Gambarantentang hasil belajar praktik kerja industri maka distribusi frekuensi klasifikasinya adalahbaik sekali baik cukup kurang dan kurang sekali.Gambarantentang lingkungan keluarga danminat berwirausaha maka distribusi frekuensiyang menyatakan sangat tidak setuju menjadisangat tidak baik tidak setuju menjaditidak baik cukup setuju menjadicukup baik setuju menjadibaik dan sangat setuju menjadisangat baik.Jenis datanya adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Untuksumber data berasaldaridata primer dan data sekunderyang dimana data primer berasal dariresponden sedangkan data sekunder berasal dari nilaikognitif siswa pada rapor semesterganjil. Teknik pengumpulan data menggunakan metodekuesioner dan metode dokumentasi. Dalam penelitian ini angket dibagikan selama dua minggu pada tanggal 8 sampai 21 Februari 2015 yaitu dengan cara semua siswa dikumpulkan dalam kelas masing-masing dan semua populasi mengisi angket. Sedangkan metodedokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai jumlah siswa maupungambaran umum siswa kelas XII serta nilaikognitif pada rapor semesterganjil. Dalam penelitian ini menggunakan model uji asumsiklasik yaitu (1)Uji normalitas. (2) Uji heteroskedastisitas. (3) Uji multikolinieritas. Hasiluji asumsi klasik menunjukan bahwa (1) Model regresi memenuhiasumsi normalitastelihat darititik-titik menyebar disekitar garisdiagonal pada gambarP-P Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresitidak terjadi heteroskedastisitasdilihat pada gambarscatterplottidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. (3) Model regresitidak terjadimultikolinieritas. Jadi model regresi layak untuk digunakaan. Hasil analisis deskiptif menunjukkan bahwa (1)prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan adalah tinggi.(2) hasil belajar praktik kerja industri adalah baik. (3)lingkungan keluarga dapat diklasifikasikan cukup baik. (4) minat berwirausahadapat diklasifikasikanbaik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkanbahwa (1)Tidak ada pengaruh signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. (2)Tidak ada pengaruh signifikan antara hasil belajar praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha. (3)Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha.Penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 16 for Windows. Berdasarkanhasil penelitian ini peneliti menyarankan (1)Bagi gurudiharapkan lebih banyak memberikan praktik tentang kewirausahaan. (2) Bagi siswadiharapkan agar lebih memahami materi mata pelajaran kewirausahaan yang diberikan oleh guru memanfaatkan sebaik mungkin saat praktik kerja industri. (3) Bagi orang tua hendaknya memberikan dukungan arahan bimbingan dan dorongan dalam kegiatan belajar. (4)Bagi peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat berwirausahamisalnya motivasi efikasi diri dan lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |