Perbedaan hasil belajar siswa antara blended learning dengan e-learning pada mata pelajaran teknik pemesinan selama pandemi covid-19 di SMKN 1 Singosari / Nabil Indak - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa antara blended learning dengan e-learning pada mata pelajaran teknik pemesinan selama pandemi covid-19 di SMKN 1 Singosari / Nabil Indak

Indak, Nabil (2022) Perbedaan hasil belajar siswa antara blended learning dengan e-learning pada mata pelajaran teknik pemesinan selama pandemi covid-19 di SMKN 1 Singosari / Nabil Indak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran model blended learning adalah model pembelajaran yang memadukan pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis online.. Tujuan dari model pembelajaran blended learning sebagai optimalisasi terhadap proses kegiatan belajar agar lebih baik serta memberikan fasilitas karakteristik dan kemandirian belajar dari siswa. Siswa akan lebih optimal dalam melakukan proses pembelajaran yang sebelumnya belum dapat disampaikan dapat dijelaskan melalui pembelajaran online. Proses penyampaian tugas maupun materi dapat dilakukan dengan mudah dan dengan cara ini dapat memanfaatkan waktu secara baik. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui perbandingan antara model pembelajaran blended dan model pembelajaran online dalam hal peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yang berarti eksperimen dengan lingkup penempatan unit terkecil yang tidak dilakukan secara acak kepada kelas penelitian. Rancangan penelitian menggunakan pretest dan posttest. Model blended learning diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan model pembelajaran secara daring diterapkan pada kelas kontrol. Subjek penelitian ini 70 siswa pada kelas XI Teknik Pemesinan di Sekolah Menengah Kejuruan 1 Singosari. Masing-masing kelas yaitu 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan teknik analisis uji t. Hasil belajar pada mata pelajaran Pemesinan dengan blended learning diperoleh nilai yang tertinggi 100 dan nilai yang terendah adalah 65 dengan nilai rerata 85 71. Sedangkan hasil belajar pada mata pelajaran Pemesinan dengan pembelajaran online diperoleh nilai tertinggi 90 serta nilai yang terendah 50 dengan nilai rerata 73 28. Dimana hasil uji-t yaitu 6 295 dengan sig. (2-tailed) 0 000 lt 0 05 maka ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model blended learning dibanding siswa yang diajar menggunakan model online learning pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Frais kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan 1 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279105

Actions (login required)

View Item View Item