Penerapan metode simulasi berbasis aplikasi vernier caliper android untuk meningkatkan aspek kognitif dan psikomotorik siswa pada materi pengukuran di SMK PGRI 3 Malang / Bagoes Dwimas Setiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode simulasi berbasis aplikasi vernier caliper android untuk meningkatkan aspek kognitif dan psikomotorik siswa pada materi pengukuran di SMK PGRI 3 Malang / Bagoes Dwimas Setiya

Setiya, Bagoes Dwimas (2023) Penerapan metode simulasi berbasis aplikasi vernier caliper android untuk meningkatkan aspek kognitif dan psikomotorik siswa pada materi pengukuran di SMK PGRI 3 Malang / Bagoes Dwimas Setiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata materi pengukuran di kelas X TPA SMK PGRI 3 Malang melalui penerapan metode pembelajaran simulasi dengan menggunakan simulator vernier caliper android. Hal ini dilakukan untuk mencari solusi permasalahan yang terjadi yaitu masih banyak siswa yang belum tuntas terhadap hasil belajarnya pada aspek kognitif dan psikomotorik dengan melakukan refleksi dan perbaikan-perbaikan pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus pada penelitian ini ditemukan beberapa kendala namun hal tersebut dapat diatasi dengan baik sehingga sampai berakhirnya siklus II siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Data aktivitas siswa dan hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi siswa dan guru catatan lapangan proses pembelajaran di kelas dan hasil tes di setiap akhir siklus. Data aktivitas siswa didapatkan persentase secara klasikal pada pra tindakan sebesar 68 75% siklus I sebesar 72 9% dan pada siklus II sebesar 83%. Data hasil belajar siswa didapatkan bahwa persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada aspek kognitif siswa di pra tindakan sebesar 33 3% siklus I sebesar 60 6% dan siklus II sebesar 84 8% selanjutnya persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada aspek psikomotorik siswa di pra tindakan sebesar 21 2% siklus I sebesar 51 5% dan siklus II sebesar 87 8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pengukuran. Selain itu dengan metode pembelajaran simulasi kondisi dikelas pada saat pembelajaran dapat lebih terkendali dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279100

Actions (login required)

View Item View Item