Penerapan model pembelajaran example non-example untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen-Malang) / Intan Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran example non-example untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen-Malang) / Intan Permatasari

Permatasari, Intan (2015) Penerapan model pembelajaran example non-example untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen-Malang) / Intan Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permatasari Intan. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (Studi Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I. Wayan Jaman Adi Putra M.Si (II) Dr. Sopiah M.Pd. M.M Kata Kunci Example Non-Example Aktivitas Hasil Belajar Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran example non-example pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran model example non-example pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang (3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran model example non-example pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang mana masing-masing siklus terdiri dari (1) Tahap perencanaan (2) Tahap pelaksanaan tindakan (3) Tahap observasi (4) Tahap refleksi. Hasil penelitian ini terdiri dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas siswa menunjukkan nilai rata-rata 77 88% sedangkan siklus II menunjukkan nilai rata-rata 93 83% sehingga menglami peningkatan sebesar 15 95%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yang terdiri dari nilai rata-rata ranah kognitif 71 17 ranah afektif 76 88 ranah psikomotor 73 50 adalah 73 85% dan pada siklus II nilai rata-rata ranah kognitif 85 23 ranah afektif 92 59 ranah psikomotor 94 50 adalah 90 74%. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan observer dan peneliti diperoleh hasil bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran example non-example. Saran untuk pihak-pihak yang terkait diantaranya (1) Bagi Guru SMK dapat menjadikan model pembelajaran example non-example sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran dan guru harus memperhatikan waktu saat penerapan model (2) Bagi peneliti selanjutnya pelaksanaan proses pembelajaran oleh guru model harus membandingkan hasil tingkat kesukaran materi dan luas lingkup materi dibandingkan proses belajar sebelum dilaksanakan dan sesudah penerapan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27910

Actions (login required)

View Item View Item