Penerapan reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin kelas x di smk negeri 1 singosari / Bintang Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin kelas x di smk negeri 1 singosari / Bintang Ramadhan

Ramadhan, Bintang Ramadhan (2022) Penerapan reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin kelas x di smk negeri 1 singosari / Bintang Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhan Bintang. 2022 Pengaruh Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kelas X Di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi. Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yoto S.T. M.Pd. (II) Riana Nurmalasari S.Pd M.Pd. Kata Kunci Reciprocal Teaching Berfikir Kreatif Pre test post test. Pendidikan adalah faktor penting dan mutlak harus dilakukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul (Hasiani 2015 2) serta sesuai yang tertulis dalam Undang- Undang Dasar Mencerdaskan bangsa kehidupan diperlukan untuk menyelesaikan masalah cita-cita (Aziizu 2015 295). Pada era revolusi industri dengan tingkat persaingan yang sangat ketat para pendidik sangat disarankan agar mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada tingkat yang lebih tinggi sehingga siswa akan memiliki kemampuan critical thinking kreatif inovatif dan terbiasa bersaing dengan tantangan (Hwang amp Chen 2017 4). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berfikir kreatif untuk kelas yang diberi pendekatan biasa atau pembelajaran secara konvensional dengan yang mendapat pembelajaran Reciprocal Teaching.2) mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif untuk kelas yang diberi pendekatan biasa atau pembelajaran secara konvensional dengan yang mendapat pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan dengan menggunakan Teknik pengumpulam data pre test dan post test dan menggunakan populasi sebanyak 72 siswa dan sample sebanyak 72 siswa kelas X Tpm di SMK Negeri 1 Singosari. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0 010 lt 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa Teknik Pemesinan. Berdasarkan hasil penelitian Statistik Deskriptif dari jawapan responden menunjukkan pada kelas kontrol indikator yang paling tinggi mengalami peningkatan antara pre test dan post test adalah fluency dengan selisih 20 poin. Selanjutnya flexibility meningkat 6 poin originality meningkat 6 poin dan elaboration tidak mengalami perubahan antara pre test dengan post test.Sedangkan pada kelas eksperimen yang mendapat metode pembelajaran dengan metode reciprocal teaching indikator yang paling tinggi mengalami peningkatan antara pre test dan post test adalah flexibility dengan selisih 35 poin. Selanjutnya fluency meningkat 30 poin elaboration meningkat 20 poin dan originality meningkat 16 poin.Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan berfikir kreatif antara siswa yang diterapkan metode pembelajaran Konvensional dengan siswa yang diterapkan metode pembelajaran Reciprocal Teaching.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279097

Actions (login required)

View Item View Item