Pengaruh prestasi belajar micro teaching dan kompetensi magang kependidikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan teknik mesin Universitas Negeri Malang angkatan 2018 / Erick Yusuf Yulian Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh prestasi belajar micro teaching dan kompetensi magang kependidikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan teknik mesin Universitas Negeri Malang angkatan 2018 / Erick Yusuf Yulian Pratama

Pratama, Erick Yusuf Yulian (2022) Pengaruh prestasi belajar micro teaching dan kompetensi magang kependidikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan teknik mesin Universitas Negeri Malang angkatan 2018 / Erick Yusuf Yulian Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas maka harus diimbangi dengan pendidik atau guru yang profesional. Berdasarkan hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dikutip dari website resmi kemendikbud.go.id memperlihatkan hasil UKG yang dimiliki rata ndash rata tertinggi yaitu 62 58 dengan rentang nilai 1 hingga 100. Hal tersebut menandakan bahwa kualitas guru terbilang rendah dan perlu mendapatkan perhatian khusus. Dalam meningkatkan kualitas mengajar mahasiswa akan menempuh mata kuliah microteaching dan magang kependidikan yang bertujuan melatih pengetahuan dan keterampilan mengajar. Tetapi pada kenyataanya pandemi virus corona (Covid-19) sejak 2019 membuat kegiatan pembelajaran mahasiswa Universitas Negeri Malang termasuk prodi Pendidikan Teknik Mesin (PTM) beralih menjadi pembelajaran secara daring. Hal tersebut menyebabkan beberapa kendala antara lain penguasaan materi yang masih kurang pengelolaan kelas keterampilan dalam penyampaian materi serta rasa percaya diri yang harusnya dikuasai selama proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui (1) pengaruh micro teaching terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa prodi pendidikan teknik mesin angkatan 2018. (2) mengetahui pengaruh magang kependidikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa prodi pendidikan teknik mesin angkatan 2018. Serta ke (3) mengetahui pengaruh positif micro teaching dan magang kependidikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa prodi pendidikan teknik mesin angkatan 2018. Untuk sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2018 yang telah mengikuti micro teaching dan magang kependidikan berjumlah 71 mahasiswa. Diperoleh hasil penelitian 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Micro Teaching terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan thitung (4 959) gt ttabel (1 667) dengan signifikansi 5%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Magang Kependidikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan nilai thitung (12 090) gt ttabel 1 28758 dengan signifikansi 5%. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan micro teaching dan magang kependidikan secara bersama-sama terhadap kesiapan menjadi guru Fhitung (20 805) gt Ftabel (3 13) dan signifikansi 5%. Sumbangan relatif micro teaching sebesar 54 27% dan sumbangan efektif sebesar 20 62%. Sumbangan relatif magang kependidikan sebesar 45 73% dan sumbangan efektif sebesar 17 38%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279094

Actions (login required)

View Item View Item