Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran pemasaran on-line (studi pada kelas XI PM 3 SMK Negeri 2 Blitar) / Habib Sulton Mahmud - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran pemasaran on-line (studi pada kelas XI PM 3 SMK Negeri 2 Blitar) / Habib Sulton Mahmud

Mahmud, Habib Sulton (2015) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran pemasaran on-line (studi pada kelas XI PM 3 SMK Negeri 2 Blitar) / Habib Sulton Mahmud. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahmud H. S. 2015.Penerapan Model PembelajaranProblem Based Learning (PBL) untukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarPada Mata PelajaranPemasaran Online (StudiPadaSiswaKelas XI PM 3 SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.AgusHermawan M.Si GradDipMGT. M Bus. (II) Drs. DjokoDwiKusumajanto M.Si Kata Kunci Problem Based Learning AktivitasBelajar HasilBelajar Model pembelajaran problem based learning merupakansuatupendekatanpembelajaran yang menggunakanmasalahdunianyata yang dituangkankedalamstudikasus yang telahdisesuaikandenganmaterisebagaisuatukonteksbagisiswauntukbelajardengancaraberpikirkritisdanketerampilanpemecahanmasalah untukmemperolehpengetahuandarimateripelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmengujipenggunaan model problem based learning dalammeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranpemasaran online siswakelas XI Pemasaran 3 SMKN 2 Blitar. Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus dimanasetiapsiklusterdiridariempattahapyaitu perencanaantindakan pelaksanaantindakan observasidanrefleksi. Model pembelajaran Problem Based Learning inidilaksanakandalam 5 tahapyaitu tahap ke-1 orientasisiswapadamasalah tahap ke-2 mengorganisasisiswauntukbelajar tahap ke-3 membimbingpenyelidikan individual dankelompok tahap ke-4 mengembangkandanmenyajikanhasilkarya tahap ke-5 menganalisisdanmengevaluasi proses pemecahanmasalah. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanaktivitasbelajarsiswapadasiklus I kesiklus II sebesar 6 56%. Sedangkanhasilbelajarjugamengalamipeningkatan.Hasilbelajaraspekkognitifmembandingkanhasilnilai pre-test dan post-test disetiapsiklus.Ketentuannilaibatas minimum ketuntasanbelajarsiswauntukmatapelajaranpemasaran online adalah 81.Hasilpenelitianmenunjukkanterjadipeningkatanhasilbelajarsiswapadaaspekkognitifdarisiklus I kesiklus II sebesar 33 33%. Saran yang diberikanpenelitidaripenelitian yang telahdilakukaniniadalah Bagi guru yang menerapkan model pembelajaran PBL sebaiknyamenambahkandurasiwaktudalam proses pembelajaran KepalaSekolahdisarankanuntukmenambahkandanmelengkapiliteratur agar siswadapatmemperbanyakwawasandanpengetahuannyasalahsatunyamelaluimembacabuku-bukuliteratur yang disediakanolehsekolah bagi guru yang menerapkan model pembelajaran PBL disarankanuntuklebihtegasdalam proses pembelajaran agar siswatidakgaduhdanmengganggudalam proses pembelajaran bagi guru yang menerapkan model PBL disarankanuntuklebihmeningkatkankeaktifandanmotivasikepadasiswapada proses pembelajaran agar tujuanpembelajarandapattercapaimaksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27909

Actions (login required)

View Item View Item