Pengaruh penerapan aplikasi swansoft CNC simulation untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran teknik pemesinan NC/CNC materi CNC milling pada kelas XI teknik pemesinan SMKN 1 Glagah Banyuwangi / Panji Wahyu Nur Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan aplikasi swansoft CNC simulation untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran teknik pemesinan NC/CNC materi CNC milling pada kelas XI teknik pemesinan SMKN 1 Glagah Banyuwangi / Panji Wahyu Nur Pratama

Pratama, Panji Wahyu Nur (2022) Pengaruh penerapan aplikasi swansoft CNC simulation untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran teknik pemesinan NC/CNC materi CNC milling pada kelas XI teknik pemesinan SMKN 1 Glagah Banyuwangi / Panji Wahyu Nur Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas yang memadai pada mata pelajaran NC/CNC di SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi. Fasilitas yang dimaksud adalah tidak dimilikinya fasilitas berupa mesin CNC Milling khususnya pada materi CNC Milling. Hal tersebut membuat pembelajaran menjadi abstrak dan peserta didik hanya menerima materi yang diberikan melalui metode ceramah tanpa adanya praktik langsung. Dampaknya pemahaman peserta didik terhadap materi sangatlah kurang yang ditunjukkan dengan hasil observasi dimana banyak peserta didik yang nilainya dibawah nilai KKM. Melihat permasalahan tersebut guru diharuskan untuk mampu menciptakan dan menerapkan metode pembelajaran yang membantu peserta didik dapat menyerap materi pembelajaran secara optimal guna meningkatkan pemahaman peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode simulasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode simulasi berbasis aplikasi dengan menggunakan aplikasi Swansoft CNC Simulation terhadap pemahaman peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Kelas XI PM-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 peserta didik diberikan perlakuan menggunakan metode simulasi dan Kelas XI PM-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 peserta didik diberi perlakuan menggunakan metode non-treatment. Teknik analisis data menggunakan uji-t menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode simulasi lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode non-treatment. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata dan pemahaman kelas eksperimen sebesar 71 5 lebih besar dibandingkan kelas kontrol sebesar 65 1 dengan nilai signifikansi pemahaman sebesar 0 00 lt 0 05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/279086

Actions (login required)

View Item View Item