Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran melakukan penyerahan dan pengiriman produk (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran 3 di SMK Negeri 2 Blitar) / Ok - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran melakukan penyerahan dan pengiriman produk (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran 3 di SMK Negeri 2 Blitar) / Ok

Musyayadah, Oktavina Wakhidatul (2015) Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran melakukan penyerahan dan pengiriman produk (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran 3 di SMK Negeri 2 Blitar) / Ok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Musyayadah Oktavina Wakhidatul 2015. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Pada Mata Pelajaran Melakukan Penyerahan dan Pengiriman Produk (Studi Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Pemasaran 3 di SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendiidkan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.I. Wayan Jaman Adi Putra M.Si (2) Dr.Suwarni M.Si. Kata Kunci Numbered Head Together Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (2) untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada penerapan pendekatan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 2 Blitar yang berjumlah 33 siswa.Pengumpulan data penelitian diambil dari (1) tes (2) observasi (3) wawancara. (4) catatan lapangan (5) angket dan (6) dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini telah terbukti mampu meningkatkan hasil. Pada siklus I hasil belajar kognitif 79 7% sedangkan pada siklus II sebesar 94 4% peningkatan terjadi sebesar 14 7% hasil belajar siswa ditinjau dari aspek afektif siklus I sebesar 66 67% sedangkan pada siklus II sebesar 74 3% peningkatan terjadi sebesar 7 63% hasil belajar ditinjau dari segi psikomotorik siklus I sebesar 66% sedangkan pada siklus II sebesar 74 3%. Hasil peningkatan motivasi juga terjadi dalam penelitian ini. Pada siklus I perolehan angketnya sebesar 78 5% sedangkan pada siklus II sebesar 81% peningkatan terjadi sebesar 2 5%. Dengan demikian model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sangat bermanfaat dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar terutama untuk meningkatkan hasil belajar siswa Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diajukan beberapa saran sebagai berikut (1) bagi guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together di kelas agar aktivitas dan hasil belajar siswa lebih meningkat (2) untuk peneliti selanjutnya dapat menerapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together pada mata pelajaran yang sama atau berbeda dengan mengkolaborasikan dengan model pembelajaran kooperatif lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27908

Actions (login required)

View Item View Item