Suprihatin, Endah (2015) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemasaran barang dan jasa (studi pada siswa kelas XI Pemasaran 3 di SMKN 2 Blitar) / Endah Suprihatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suprihatin Endah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemasaran Barang dan Jasa (Studi pada Siswa kelas XI Pemasaran 3 di SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Hermawan M.Si GradDipMGT. M Bus (2) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata Kunci Think Pair Share Aktivitas Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelas XI Pemasaran 3 di SMK Negeri 2 Blitar pada mata pelajaran Pemasaran Barang dan Jasa diperoleh gambaran secara umum bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemasaran Barang dan Jasa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) hal tersebut nampak dari nilai rata-rata kelas dari 33 siswa hanya sebesar 64 91% dengan persentase ketuntasan 0%. Metode ceramah memang masih digunakan dalam pembelajaran tetapi pada dasarnya para siswa kebanyakan belum terbiasa aktif dalam mengungkapkan pendapat belum berani mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan variasi model pembelajaran Think Pair Share ini siswa akan lebih terampil dalam penguasaan materi dan menjadi aktif dalam dalam mengemukakan pendapat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilakukan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Blitar yang beralamatkan di Jl. Tanjung no 111 Kota Blitar. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 2 Blitar semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 33 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi tes berupa pre test dan post test dokuentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) tingkat keterlaksanaan penerapan model Think Pair Share dapat dibuktikan dari hasil aktifitas siswa yang meningkat setelah menerapkan model Think Pair Share terlihat dari siklus I pertemuan pertama sebesar 64 39% pada siklus I pertemuan kedua sebesar 66 96%. Dan pada siklus II pada pertemuan ketiga sebesar 83 03% dan pada pertemuan terakhir meningkat menjadi 86 59% sehingga hasil dari siklus I sebesar 65 98% dan meningkat pada siklus II sebesar 84 81% (2) hasil belajar ranah kognitif yang sebelum diberi tindakan dengan rata-rata keberhasilan siswa 64 91% dengan ketuntasan klasikal 0% setelah diberi tindakan meningkat menjadi 88 57% dengan ketuntasan klasikal sebesar 84 95% pada siklus I. Pada siklus II rata-rata sebelum diberi tindakan 68 33% dengan ketuntasan klasikal 39 39% meningkat menjadi 92 39% dengan ketuntasan klasikal 96 97%. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan (1) bagi guru model pembelajaran Think Pair Share dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dengan pertimbangan variasi model pembelajaran lain (2) bagi siswa hendaknya berpartisispasi dalam kegiatan belajar mengajar siswa juga diharapkan mampu menggali pengetahuan tidak hanya sumber belajar yang diberkan sekolah saja tetapi dari sumber-sumber lain. Sehingga pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru (3) bagi kelapa SMKN 2 Blitar hendaknya lebih memfasilitasi sarana dan prasarana pembelajaran misalnya dengan menambah literature buku pelajaran dan buku pengetahuan lainnya supaya siswa lebih tertarik untuk belajar (4) bagi peneliti selanjutnya agar lebih kreatif dan inovatif pada standart kopetensi yang sama atau yang lainnya dalam penerapan model pembelajatan Think Pair Share harus disesuaikan dengan materi/pokok bahasan tujuan pembelajaran yang diinginkan kondisi siswa fasilitas media yang tersedia dan kondisi guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |