Pemanfaatan laboratorium untuk meningkatkan kualitas pembelajaran prodi pemasaran (studi kasus di SMK Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto) / Lisita Fitrianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan laboratorium untuk meningkatkan kualitas pembelajaran prodi pemasaran (studi kasus di SMK Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto) / Lisita Fitrianingsih

Fitrianingsih, Lisita (2015) Pemanfaatan laboratorium untuk meningkatkan kualitas pembelajaran prodi pemasaran (studi kasus di SMK Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto) / Lisita Fitrianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitrianingsih Lisita. 2015. Pemanfaatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Prodi Pemasaran (Studi Kasus Siswa di SMK Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutrisno M.M (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E. M.Sc Kata Kunci Laboratorium Pemasaran Kegiatan Pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui potensi yang dimiliki laboratorium pemasaran di SMK Negeri 1 Sooko (2) Mengetahui pemanfaatan laboratorium untuk menunjang proses pembelajaran di prodi pemasaran SMK Negeri 1 Sooko (3) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan laboratorium untuk menunjang proses pembelajaran di prodi pemasaran dan upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berbentuk studi kasus. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer yang mencakup informan dan tempat kejadian serta data sekunder mencakup dokumen yang terkait masalah. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Kegiatan analisis data di mulai dari tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Data atau informasi yang telah berhasil diperoleh dicatat dalam kegiatan penelitian harus dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya dalam penelitian ini pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan laboratorium pemasaran di SMK Negeri 1 Sooko sangat meningkatkan kualitas pembelajaran karena dilengkapi peralatan yang cukup lengkap serta pelaksanaan kegiatan praktik dilakukan di kelas XI dan XII selama satu tahun atau dua semester namun penggunaannya masih belum optimal karena faktor (1) jumlah alat yang ada di laboratorium yang masih kurang terutama wrapping dan kalkulator elektronik (2) luas ruangan laboratorium pemasaran yang masih kurang luas dan belum sesuia dengan standar yang ditetapkan pemerintah (3) belum tersedianya pasokan listrik yang memadai. Sekolah berupaya mengoptimalkan dengan cara (1) menganalisis kebutuhan laboratorium setiap awal tahun ajaran dan sebelum pelaksanaan UKK( Uji Kompetensi Siswa) dari segi pengelolaan laboratorium pemasaran terdiri dari pengadaan alat inventaris dan perawatan. Untuk pengadaan alat didapat dari BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan perawatan alat didapat dari dana komite sekolah serta kaitannya dengan pemanfaatan laboratorium dalam menunjang kegiatan pembelajaran sekolah berupaya untuk meningkatkan ketrampilan guru melalui diklat khusus yang diselenggarakan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) (2) melakukan penambahan luas ruangan dan pemisahan ruangan berdasarkan kegiatan praktik sesuai dengan standar pemerintah mengenai laboratorium pemasaran (3) dalam hal menyimpan listrik sekolah harus menyediakan genset agar pelaksanaan kegiatan praktik tidak terganggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27906

Actions (login required)

View Item View Item