Penerapan pendekatan pembelajaran kolaboratif antara Numbered Head Together (NHT) dan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran prakarya & kewirausahaan (studi pada kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Agus Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan pembelajaran kolaboratif antara Numbered Head Together (NHT) dan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran prakarya & kewirausahaan (studi pada kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Agus Wahyudi

Wahyudi, Agus (2015) Penerapan pendekatan pembelajaran kolaboratif antara Numbered Head Together (NHT) dan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran prakarya & kewirausahaan (studi pada kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Agus Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyudi Agus 2015. PenerapanPendekatanPembelajaran Kolaboratif AntaraNumbered Head Together (NHT)dan Problem Based Learning (PBL) UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (Studi padaSiswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari).Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika M.A. M.Si (2) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Kata Kunci NHT (Numbered Head Together) PBL (Problem Based Learning) danHasil Belajar. Dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan ceramah dan diskusi dalam menyampaikan materi pembelajaran. Diskusi yang dilakukan guru sering menggunakan studi kasus sebagai bahan diskusi saja namun kebanyakan siswa merasa bosan kurang termotivasi dan hasil belajar menurun. Hal ini disebabkan oleh diskusi yang dilakukan masih monoton dan kurang adanya kolaborasi model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk penerapan pendekatan kolaboratif model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) dengan model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL)dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dalam sebuah tim. Dalam penelitian ini metode pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Head Together) dan pembelajaran Model PBL (Problem Based Learning). Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang heterogen. Setiap anggota dalam kelompok diharapkan dapat bekerjasama dan saling belajar dalam hal penugasan materi dan diskusi kelompok. Sedangkan model pembelajaran Problem Based Learning menjadikan siswa untuk berfikir kritis ini dilaksanakan dalam dua siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif.SubjekPenelitianadalahsiswakelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang terdiriatas 5 siswalaki-lakidan 35 siswaperempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan pendekatan kolaboratif model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan PBL (Problem Based Learning) (2) untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada penerapan pendekatan kolaboratif model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) denganPBL (Problem Based Learning). Hasil penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Based Learning ini telah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar kognitif sebesar 72 5% sedangkan pada siklus II sebesar 95% peningkatkan terjadi sebesar 22 5% sedangkan hasil belajar siswa ditinjau dari aspek afektif siklus I sebesar 74 27% sedangkan pada siklus II sebesar 80 83% peningkatkan terjadi sebesar 6 56% selain itu siswa juga memberikan respon positif terhadap penerapan kolaborasi model pembelajaran NHT dan PBL yaitu sebesar 84 66%. Saran yang diberikan kepala sekolah SMK Muhammadiyah 3 Singosari dan seluruh guru khususnya guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk mencoba menerapkan kolaboratif pembelajaran model Numbered Head Together (NHT)dengan Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan yang sesuai untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.Dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian ini disarankan untuk menerapkan kolaboratif model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)dengan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27904

Actions (login required)

View Item View Item