Yunita, Evi Dwi (2015) Penerapan pembelajaran kontekstual inkuiri berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 (APK2) di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen-Malang) / Evi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yunita Evi Dwi. 2015. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Inkuiri Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 (APK2) di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen-Malang). Pembimbing (I) Dr. Wayan Jaman Adi Putra M. Si (2) Dr. Ludi Wishnu Wardana S T. S.Pd. S.E. M.M Kata Kunci lesson study model pembelajaran kontekstual inkuiri aktivitas hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas X Administrasi Perkantoran 2 (APK2) di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 (APK2) mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen (3) Peningkatan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 (APK2) mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa wawancara observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Pada penelitian ini menggunakan dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan masing-masing siklus terdiri dari (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap pengamatan dan (3) tahap refleksi. Tahapan pelasanaan lesson study yaitu (1) tahap perencanaa (Plan) (2) tahap pelanksanaan (Do) dan (3) tahap refleksi (See). Hasil penelitian ini terdiri dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas siswa menunjukkan nilai rata-rata 81 54% sedangkan siklus II menunjukkan nilai rata-rata 93 46% sehingga mengalami peningkatan sebesar 11 92%. Sesuai dengan hasil pengamatan kelima observer dan peneliti pada saat proses pembelajaran berlangsung diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar siswa lebih meningkat setelah diterapkan model pembelajaran kontekstual inkuiri berbasis lesson study. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 76 68% dan pada siklus II sebesar 90 03% sehingga mengalami kenaikan sebesar 13 35%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar meningkat melalui penerapan model pembelajaran kontekstual inkuiri berbasis lesson study. Saran untuk pihak-pihak yang terkait diantaranya (1) Bagi guru SMK dapat menjadikan model pembelajaran kontekstual inkuiri berbasis lesson study sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran dan memvariasikan model pembelajaran yang berbeda setiap Kompetensi Inti (KI) (2) Bagi peneliti selanjutnya pelaksanaan proses pembelajaran oleh peneliti (guru model) harus membandingkan hasil tingkat kesukaran materi dan luas lingkup materi dibandingkan proses belajar sebelum dilaksanakan dan sesudah penerapan model pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |