Penerapan model pembelajaran ARIAS sebagai upaya meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Perencanaan Pemasaran (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang) / Sindy Novenia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran ARIAS sebagai upaya meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Perencanaan Pemasaran (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang) / Sindy Novenia

Novenia, Sindy (2015) Penerapan model pembelajaran ARIAS sebagai upaya meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Perencanaan Pemasaran (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang) / Sindy Novenia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Novenia Sindy. 2015. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Perencanaan Pemasaran (Study Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang).Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. H. Suharto SM. M.M. M.Pd (II) Dr. Aniek Indrawati S.Si M.M. Kata Kunci Pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) hasil belajar. Bagi seorang pendidik pemilihan model pembelajaran hendaknya dilakukan secara cermat supaya mampu membuat minat siswa untuk belajar meningkat dan siswa aktif didalam kelas. Salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar adalah pembelajaran ARIAS menggabungkan 5 komponen yaitu Assurance (percaya diri) relevance (relevansi) interest (minat/perhatian) assessment (evaluasi) dan satisfaction (kepuasan/bangga). Penelitian dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran Perencanaan Pemasaran siswa kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang. (2) Model pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran Perencanaan Pemasaran siswa kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3)Respon siswa kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang terhadap penerapan model pembelajaran ARIAS. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanakan tindakan dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PJ B yang berjumlah 21 siswa di SMK PGRI 3 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dokumentasi angket catatan lapangan dan tes formatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Reduksi Data Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Penerapan pembelajaran ARIAS dapat diterapkan pada kelas X PJB standart kompetensi Teknik Promosi di SMK PGRI 3 Malang. Penerapan pembelajaran ARIAS dilaksanakan dua siklus dan dilakukan empat tahapan yang berjalan dengan lancar baik dari peneliti maupun siswa. (2) Penerapan pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran Perencanaan Pemasaran siswa kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pretest 61 42 posttest 76 19 kenaikan pretest ke posttest siklus I 14 77. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II pretest 70 00 posttest 80 95 kenaikan pretest ke posttest siklus II 10 95. Apabila Dibandingkan dengan nilai rata-rata pada siklus I maka nilai rata-rata pada siklus II mengalami peningkatan pada pretest meningkat 8 58 dan pada posttest meningkat 4 76. (3) model pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran Perencanaan Pemasaran siswa kelas X Program Keahlian Manajemen Niaga di SMK PGRI 3 Malang dimana siswa dapat meningkatkan respon dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Terbukti dengan persentase rata-rata respon siswa pada siklus I 63 49% sedangkan pada siklus II persentase rata-rata respon siswa 77 61%. Peningkatan persentase respon siswa sebesar 14 95%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Guru Mata Pelajaran Apabila guru ingin menerapkan Model Pembelajaran ARIAS sebaiknya lebih bisa mengendalikan siswa karena siswa dipaksa untuk aktif di dalam kelas. (2) Bagi Kepala SMK PGRI 3 Malang agar mengadakan seminar (workshop) tentang Model Pembelajaran yang lebih inovatif untuk para guru di SMK PGRI 3 Malang khususnya bagi guru mata pelajaran Perencanaan Pemasaran agar dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa.(3)Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model yang sama pada mata pelajaran yang sama atau berbeda namun dalam tempat yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran dengan model ARIAS. Selain itu diharapkan dalam pelaksanaan model pembelajaran ARIAS selanjutnya peneliti dapat lebih baik dalam mengelola waktu yang terbatas serta dalam mengkondisikan kelas. (4) Bagi siswa kelas X PJB SMK PGRI 3 Malangperlu peningkatan respon belajar siswa dalam menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah sehingga mampu menyikapi berbagai situasi apapun dengan cara-cara yang tepat. Siswa diharapkan dapat ikut berperan dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran Perencanaan Pemasaran yang dilakukan dapat lebih menyenangkan interaktif serta dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27902

Actions (login required)

View Item View Item