Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi riset pasar (kelas X Program Syudi Tata Niaga di SMKN 1 Sooko Mojokerto) / Rosiana Yudha Trisna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi riset pasar (kelas X Program Syudi Tata Niaga di SMKN 1 Sooko Mojokerto) / Rosiana Yudha Trisna

Trisna, Rosiana Yudha (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi riset pasar (kelas X Program Syudi Tata Niaga di SMKN 1 Sooko Mojokerto) / Rosiana Yudha Trisna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

risna Rosiana Yudha. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Riset Pasar (Kelas X Program Studi Tata Niaga Di SMKN 1 Sooko Mojokerto). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Agung Winarno M.M (2) Dr. Ludi Wishnu Wardana ST. S.Pd. S.E. M.M Kata Kunci media pembelajaran multimedia interaktif Media pembelajaran berperan penting untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan dalam proses pembelajaran dari suatu sumber yang dapat mencapai tujuan pembelajaran perhatian dan minat siswa dalam proses belajar. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini dikemas dalam bentuk CD interaktif menggunakan Autoplay Media Studio 8.3 dan Quiz Creator. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi riset pasar siswa kelas X program studi tata niaga SMKN 1 Sooko Mojokerto. Prosedur pengembangan menggunakan Borg Gall (1983) melalui 10 tahapan yakni (1) melakukan penelitian dan pengumpulan informasi (2) melakukan perencanan (3) mengembangkan format produk awal (4) validasi desain (5) melakukan revisi validasi desain (6) uji coba lapangan utama (7) melakukan revisi terhadap produk (8) melakukan uji lapangan operasional (9) melakukan revisi terhadap produk akhir dan (10) mendesiminasikan produk. Hasil analisis media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menunjukkan skor hasil validasi ahli materi 86 5% dan ahli media 92 55%. Pada uji coba 15 siswa 90 14% dan 33 siswa 88 39%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan efektif dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran materi riset pasar. Kritik dan saran pada peniliaian validasi digunakan peneliti sebagai revisi produk. Saran pemanfaatan bagi pengguna terlebih dahulu mempelajari dan memahami petunjuk penggunaan media dan kegiatan pembelajaran tidak hanya melalui pendidik saja melainkan dapat dijadikan sumber belajar mandiri maka pengguna langsung berinteraksi dengan media. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini dapat didiseminasikan kepada pendidik yang lain agar dapat menciptakan proses pembelajaran yang inovatif serta melalui MGMP/MGMD tentang media pembelajaran sehingga dapat digunakan oleh seluruh sekolah SMK jurusan Tata Niaga. Pengembangan produk lebih lanjut perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan metode eksperimen melalui kelas kontrol. Diharapkan dapat mengembangkan dengan disesuaikan perkembangan teknologi multimedia dan keterkinian materi sesuai dengan kurikulum hal tersebut dapat menarik dan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran dengan penggunaan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27900

Actions (login required)

View Item View Item