Erfianto, Doni (2015) Penerapan blog sebagai media pembelajaran mata pelajaran pemasaran online kela X Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Probolinggo / Doni Erfianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Erfianto Doni. 2014. Penerapan Blog sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Pemasaran Online Kelas X Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Probolinggo. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M. (2) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata kunci Pemasaran Online Blog Media Pembelajaran Pemasaran online merupakan mata pelajaran baru yang diterapkan pada kurikulum 2013 di SMK jurusan pemasaran. Dalam mata pelajaran ini dibutuhkan metode pendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat dan salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan menerapkan blog sebagai media pembelajaran mata pelajaran pemasaran online di SMKN 1 Probolinggo. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan blog sebagai media pembelajaran mata pelajaran pemasaran online 2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan blog sebagai media pembelajaran mata pelajaran pemasaran online 3) mengetahui kelebihan dan kekurangan setelah penerapan blog sebagai media pembelajaran mata pelajaran pemasaran online. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang diambil untuk penelitian ini berdasarkan pada lembar observasi dan angket. Sedangkan sumber data yang diambil yaitu 26 siswa kelas X PMS 2 di SMKN 1 Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan blog dapat membantu siswa dalam belajar materi pemasaran online 2) hasil angket menunjukkan bahwa siswa memberikan respon yang positif terhadap penerapan blog sebagai media pembelajaran 3) kelebihan dan kekurangan setelah penerapan blog sebagai media pembelajaran a) kelebihan guru dapat mengoperasikan blog siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran serta pembelajaran menjadi inovatif dan kreatif b) kekurangan ada satu siswa yang tidak suka dengan dunia maya dan apabila listrik mati kegiatan belajar mengajar terganggu. Saran yang diajukan untuk guru mata pelajaran pemasaran online adalah tetap menggunakan blog sebagai media pembelajaran mata pelajaran pemasaran online sehingga pembelajaran tidak selesai di dalam kelas tetapi bisa melanjutkan di luar kelas. Saran untuk sekolah adalah menyediakan fasilitas yang lebih memadai. Dan saran untuk peneliti selanjutnya adalah untuk mengujicobakan penerapan blog dengan subjek penelitian yang berbeda serta menyempurnakan tampilan blog sehingga dapat menghasilkan blog yang menarik perhatian siswa untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Mar 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |