Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Puspa Anggun Dinda Dahlia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Puspa Anggun Dinda Dahlia

Dahlia, Puspa Anggun Dinda (2015) Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran strategi pemasaran (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang) / Puspa Anggun Dinda Dahlia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dahlia Puspa Anggun Dinda. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Strategi Pemasaran (Studi pada Siswa Kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. (II) Lohana Juariyah S.E. M.Si Kata Kunci Numbered Head Together Media Mind Mapping Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan. Oleh karena itu perubahan atau perkembangan pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan. Metode serta model pembelajaran merupakan bagian penting yang digunakan dalam upaya pencapaian hasil belajar yang maksimal. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah NHT (Numbered Head Together). Model Pembelajaran NHT dipilih karena selain untuk meningkatkan kerjasama siswa NHT juga bisa diterapkan untuk semua mata pelajaran dan tingkatan kelas. Perangkat pembelajaran merupakan persiapan yang harus diutamakan yakni media pembelajaran berupa Mind Mapping sehingga diharapkan guru dapat mengkondisikan siswa di kelas siswa mampu menguasai materi yang diajarkan oleh guru dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu penggunaan Mind Mapping sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berimajinasi mengingat berkonsentrasi membuat catatan meningkatkan minat sekaligus mampu menyelesaikan persoalan. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Numbered Head Together dengan Mind Mapping. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 2 Malang dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas X PMS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data observasi catatan lapangan wawancara pelaksanaan tes dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) tahap perencanaan meliputi penyusunan model pembelajaran mempersiapan post test lembar observasi dan soal diskusi (2) tahap pelaksanaan tindakan meliputi pelaksanaan kegiatan dari perencanaan yang dibuat (3) tahap observasi yaitu pengamatan dari pelaksanaan tindakan melalui pedoman observasi dan (4) tahap refleksi. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian siklus pertama rata-rata hasil belajar ranah kognitif yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu 71 4% dan siklus II 87%. Sedangkan ranah afektif siklus I sebesar 78 75% dan pada siklus II naik menjadi sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi marketing mix dapat meningkat melalui penerapan model Numbered Head Together dengan Mind Mapping. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together membutuhkan kerjasama yang baik antar siswa dalam kelompok dan guru. Agar hal tersebut dapat tercapai siswa harus memahami dengan baik materi selain itu juga guru harus memperhatikan dan mengawasi semua kelompok secara merata untuk mencegah agar tidak ada siswa yang hanya bergantung pada anggota kelompoknya dan tidak berusaha mencari jawaban sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27897

Actions (login required)

View Item View Item