Novananthasa, Anditha (2015) Penerapan model pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas X TPM 2 SMK Ahmad Yani Jabung Kab Malang) / Anditha Novananthasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Ahmad Yani Jabung Kab. Malang khususnya kelas X TPM 2 pada mata pelajaran kewirausahaan diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah hal ini dikarenakan proses aktivitas pembelajaran yang dilakukan pada siang hari (masuk siang) sering kali membuat siswa merasa capek dan sedikit kurang aktif dalam menerima pembelajaran sehingga terjadi kebosanan dan kurang antusias dalam menerima materi. Hal tersebut berakibat pada rendahnya hasil belajar dimana dari 22 siswa terdapat 10 siswa belum tuntas belajar sedangkan 12 siswa lainnya tuntas belajar. Hal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata kelas pada mata pelajaran kewirausahaan adalah 69 86 yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 59 09%. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi..Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model SQ3R aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan setelah penerapan model SQ3R. subyek penelitiannya adalah siswa kelas X TPM 2 SMK Ahmad Yani Jabung Kab. Malang sebanyak 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dan observer model SQ3R berhasil diterapkan karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa setelah penerapan model SQ3R terlihat cukup meningkat dari hasil pengamatan pada siklus I memiliki nilai rata-rata 46 61% sedangkan pada siklus II naik menjadi 61 21%. Sedangkan hasil belajar ranah kognitif yang sebelumnya rendah dimana nilai rata-rata kelas 69 86% dengan terdapat 10 siswa yang tidak tuntas belajar kemudian setelah penerapan model SQ3R nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus I sebesar 82 50% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa dan siklus II bertambah naik menjadi 89 32% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 19 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru SMK SMK Ahmad Yani Jabung Kab. Malang hendaknya menerapkan model SQ3R dalam pembelajaran agar siswa lebih efektif dan efisien dalam membaca materi pelajaran serta guru harus selalu memberikan semangat kepada siswa misalnya dengan pemberian hadiah bagi siswa yang mendapatkan nilai terbaik (2) Bagi siswa pada saat pembelajaran perlu meningkatkan aktivitasnya dengan cara selalu aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran berpikir positif bahwa setiap ilmu yang didapat pasti akan bermanfaat bagi kehidupan (3) Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang model SQ3R yang lebih kreatif dan inovatif pada standar kompetensi yang sama atau lainnya yang dalam penggunaannya harus disesuaikan dengan materi/pokok bahasan tujuan pembelajaran yang diinginkan kondisi siswa dan kondisi guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |