Pengembangan media autoplay dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas X Pemasaran di SMK Pemuda 1 Kesamben / Tito Rombi Yosepta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media autoplay dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas X Pemasaran di SMK Pemuda 1 Kesamben / Tito Rombi Yosepta

Yosepta, Tito Rombi (2015) Pengembangan media autoplay dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas X Pemasaran di SMK Pemuda 1 Kesamben / Tito Rombi Yosepta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yosepta Tito R. 2014. Pengembangan Media Autoplay dalam Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Pemasaran di SMK Pemuda 1 Kesamben. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Sutrisno M.M. (2) Dr. Suwarni M.Si. Kata Kunci media pembelajaran autoplay prakarya dan kewirausahaan. Pesatnya laju perkembangan ilmu dan teknologi sekarang membuat guru lebih mudah dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk proses pembelajaran.Perkembangan tersebut dapat digunakan sebagai inovasi dalam pengembangan media pembelajaran multimedia sebagai sarana yang efektif untuk menunjang proses pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran multimedia ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran multimedia berbasis Autoplay Media Studio 7.5 (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran multimedia dan yang tidak menggunakan media pembelajaran multimedia (3) Mengimplementasikan media didalam pembelajaran. Model penelitian dan pengembangan menggunakan tahapan-tahapan sebagai berikut (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba awal (5) revisi hasil uji coba produk awal (6) uji coba lapangan terbatas (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan (8) uji pelaksanaan lapangan (9) penyempurnakan produk akhir (10) diseminasi dan implementasi. Pengembangan produk yang dilakukan dalam penelitian ini akan dibatasi hingga tahap ketujuh yakni revisi produk akhir dilakukan setelah uji coba lapangan terbatas. Uji coba media diujikan kepada siswa SMK Pemuda 1 Kesamben kelas XProgram Keahlian Pemasaran. Hasil validasi ahli materi mencapai 96 67% yang menyatakan media pembelajaran multimedia sangat valid atau sangat baik untuk digunakan dan hasil validasi ahli media mencapai 65% yang menyatakan bahwa media valid/ baik untuk digunakan untuk proses pembelajaran. Supaya penggunaan media autoplay pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan materi perencanaan produk dan distribusi dapat berjalan dengan baik oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengguna media Autoplay yaitu (1) Sebelum menggunakan media pembelajaran pastikan LCD Projector telah siap untuk digunakan sebagai penghubung antara komputer untuk menampilkan media pembelajaran ini (2) Pastikan software dan hardware komputer mendukung dalam penggunaan media pembelajaran multimedia berbasis Autoplay Media Studio 7.5 (3) Pada ruangan kelas harus dilengkapi dengan sound agar siswa dapat mengetahui percakapan atau pembicaraan pada video yang ditampilkan dengan media pembelajaran (4) Guru harus mengawasi siswa ketika menggunakan media pembelajaran agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27893

Actions (login required)

View Item View Item