Muhlisin, Imam Muhlisin (2021) Efektivitas pembelajaran online terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas xi ips ma muhammadiyah 1 sumberrejo kabupaten bojonegoro / Imam Muhlisin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Muhlisin Imam. 2021. Efektivitas Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MA Muhammadiyah 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro.Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Ro rsquo ufah Inayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Efektivitas Pembelajaran Daring Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Pada tahun 2019 akhir di Indonesia telah terjadi pandemi akibat adanya wabah covid 19. Kebijakan yang pertama dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah dengan meliburkan sekolah namun tetap dianjurkan agar para siswa belajar dirumah. Salah satunya adalah siswa kelas XI IPS MA Muhammadiyah 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan pembelajaran ekonomi kelas XI IPS tersebut tetap dilaksanakan secara Online melalui aplikasi Whatsapp google form. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pem79belajaran secara Online pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA Muhammadiyah 1 Sumberrejo dengan ukuran ketuntasan KKM yang ditetapkan sekolah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif fenomenologi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS.Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Mengacu pada hasil penelitian ini dapat dilihat hasil belajar nilai rata-rata mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS pada pembelajaran Online Semester Ganjil 2021/2022 diperoleh nilai rata-rata kelas XI IPS 1 sebesar 77 3 pada Semester Ganjil dengan perolehan nilai rata-rata kelas XI IPS 1 sebesar 75 6 kelas. Maka perolehan hasil belajar siswa pada Semester Ganjil ini mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat dikatakan bahwa jika dilihat perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada Semester Ganjil maka pembelajaran daring dapat dikatakan telah efektif.Namun jika dilihat dari nilai perseorangan siswa maka hasil ini kurang merata dikarenakan beberapa kendala yang dialami siswa saat kegiatan pembelajaran berlangsung.Dilihat dari berbagai masalah yang dihadapi maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran daring tersebut masih kurang efektif dan masih harus terus ditingkatkan dan diperhatikan lagi baik itu dari guru maupun dari siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/278901 |
Actions (login required)
View Item |